Panen Bersama di Minsel, Koharudin: Gubernur Olly Sangat Peduli pada Petani

0
51
Gubernur Olly Sangat Peduli pada Petani
Gubernur Sulut Olly Dondokambey panen bersama petani Minsel.(ist)

SULUTIMES, Sulut – Bentuk perhatian Pemerintah Provinsi Sulut dibawah komando Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw di sektor pertanian tak perlu diragukan lagi.

Bahkan, Gubernur Olly dalam setiap kesempatan selalu membawa langsung bantuan sekaligus mendengar keluhan dari para petani di Sulut.

Dan kali ini, Gubernur Olly bersama Sekprov Sulut Edwin Silangen dan jajaran Pemprov Sulut mengunjungi warga Desa Bajo Kecamatan Tatapaan Minahasa Selatan (Minsel) menyalurkan bantuan, Rabu (19/8/2020).

Gubernur Olly Sangat Peduli pada Petani
Gubernur Olly menikmati buah semangka hasil dari petani Minsel.(ist)

Gubernur Olly mengaku bahagia bisa berbaur langsung bersama para petani. Pun dalam kesempatan itu menyerahkan bantuan secara simbolis Bibit Jagung, I Unit Tracktor serta program Jaminan Asuransi Premi bagi Petani dan Peternak.

Bukan hanya itu, Gubernur Olly bersama petani dan rombongan memanen Buah Semangka Amara FI. Dimana para petani pun merasa program dari pemerintah tersebut sangat membantu dan bermanfaat bagi mereka.

Mewakili petani asal Minsel, Kaharudin menyampaikan aspirasi para petani setempat. Mereka mengaku bersyukur mendapat kunjungan langsung orang nomor satu di Sulut itu.

“Bukan gampang mendatangkan seorang gubernur apalagi hadir di lokasi kebun begini, karenanya kami sangat berterima kasih kepada pak gubernur,” tuturnya.

Gubernur Olly Sangat Peduli pada Petani
Gubernur Olly menyerahkan bantuan kepada petani Minsel.(ist)

Lebih jauh dikatakan Udin, petani dan pertanian sesungguhnya merupakan ujung tombak bagi daerah.

“Gubernur merupakan orang luar biasa sangat peduli dengan petani. Ini merupakan bentuk perhatian dari Pemprov Sulut, terbukti sangat antosiasi dengan masyarakat dan petani,” tambahnya.

Sementara itu Gubernur Olly mengungkapkan petani maupun peternak tercover asuransi premi (Jasindo) akan ditanggung jika gagal panen atau ternak sapinya mati, dalam artian jika terjadi bencana kerugian petani dan peternak akan dibayarkan.

Tahap pertama ini baru tanaman padi dicover asuransi, selanjutnya jagung. Bantuan premi asuransi ini diberikan ke petani di Sulut. Sedikitnya 3.000 hektare (ha) lahan pertanian padi di Sulut sudah tercover asuransi pertanian.

Program asuransi premi asuransinya ditanggung pemerintah, dan khusus petani akan mencover di 10 kabupaten kota dan bagi peternak nanti di 4 kabupaten kota.

Gubernur Olly Sangat Peduli pada Petani
Gubernur Olly menyerahkan bantuan premi asuransi usaha bagi petani dan peternak di Minsel.(ist)

Ditempat yang sama, Manajer Cabang Asuransi Jasindo Saut Taridahasiolan mengatakan, bantuan premi ini ditalangi 80 persen oleh Kementerian Pertanian dan sisa 20 persen ditanggung Pemprov Sulut.

“Preminya per hektare lahan Rp 180 ribu untuk 1 musim tanam,” terangnya.

Diketahui khusus Minsel, sebanyak 95 hektare lahan yang tercover asuransi yang terdiri dari 102 petani pemilik lahan.
Selain itu, ada juga asuransi peternak sapi sedikitnya 1.000 ekor sapi peternak di Sulut sudah tercover asuransi.

”Kalau premi asuransi peternak itu preminya Rp 200.000 per ekor,” ungkap Saut.

 

Jakas/*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here