KPU Manado: Dokumen Pendaftaran Empat Bapaslon Walikota dan Wakil Walikota Memenuhi Syarat

0
214
Dokumen Pendaftaran Empat Bapaslon Walikota dan Wakil Walikota Memenuhi Syarat
KPU Manado

SULUTIMES, Manado – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Manado baru saja menyelesaikan tahapan paling penting di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kota Manado.

Sejak dibuka tanggal 4 September, Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Walikota dan Wakil Walikota Manado Usungan Partai PDI Perjuangan dan Gerindra, Andrei Angouw dan Richard Sualang menjadi pendaftar pertama.

Selang hari kedua, 5 September pukul 10.00 Wita, giliran Bapaslon Walikota Mor D Bastiaan dan Wakil Walikota Hanny J Pajouw yang diusung Partai Demokrat dan PAN.

Usai menerima Bapaslon Mor-HJP, di sore harinya, KPU Manado menerima kedatangan Bapaslon Walikota Julyeta Paulina Amelia Runtuwene dan Wakil Walikota Harley Alfredo Benfica Mangindaan yang diusung tiga partai, Nasdem-Perindo-PSI.

Bapaslon berjargon PAHAM ini menutup rangkaian pendaftaran Bapaslon Walikota dan Wakil Walikota Manado di hari kedua.

Dihari terakhir pendaftaran, 6 September malam hari, KPU Manado menerima kedatangan Bapaslon Walikota dan Wakil Walikota Manado, Sonya Selviana Kembuan dan Syarifudi Saafa. Diketahui, SSK-SS diusung dua partai yaitu Golkar dan PKS dan menjadi pendaftar terakhir.

Usai memeriksa kelengkapan berkas SSK-SS, tepat pukul 00.00 Wita, KPU Manado pun akhirnya secara resmi menutup rangkaian pendaftaran Calon Walikota dan Wakil Walikota Manado.

Kepada wartawan, Ketua KPU Manado Jusuf Wowor didampingi 4 komisioner lainnya Syahrul Setiawan, Sunday Rompas, Ismail Harun dan Abdul Gafur Subaer mengatakan KPU Manado telah memeriksa kelengkapan dokumen/berkas pendaftaran 4 Bapaslon seperti yang disyaratkan dalam PKPU 5 tahun 2020.

“Semua telah kami terima dan memenuhi syarat pendaftaran,” ujar Wowor.

“Nah inikan syarat pendaftaran, nantinya masih ada tahapan verifikasi faktual yaitu memeriksa langsung keabsahan dokumen yang dimasukkan seperti ijazah dan lain sebagainya. Kami akan datangi ke instansi-instansi sesuai dengan berkas yang mereka masukkan. Karena ini wajib dilakukan terkait indikator keabsahan,” pungkas Wowor.

Dalam pantauan sulutimes.com selang tiga hari pendaftaran, baik Bapaslon Walikota dan Wakil Walikota Manado, AA-RS, Mor-HJP, JPAR-Ai dan SSK-SS, selain diantar langsung oleh pucuk pimpinan parpol, pula nampak pendukung dari lintas elemen masyarakat antusia mengarak dan menunggu para jagoannya di Kantor KPU Manado.

Nampak pula Sekretaris KPU Manado Jimmy Tamboto menyaksikan seluruh rangkaian acara pendaftaran para Bacalon Walikota dan Wakil Walikota Manado.

 

Jakas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here