Dapatkan Solusi Tangani Dampak Banjir di Manado, Mensos Risma: Saya akan buat laporan ke Presiden

0
348
Dapatkan Solusi Tangani Dampak Banjir di Manado
Mensos Risma saat meninjau dampak banjir Manado didampingi Wagub Sulut Steven Kandouw./sulutimes

SULUTIMES, Sulut – Dampak bencana banjir di Kota Manado tak luput dari kepedulian Menteri Sosial (Mensos) RI Tri Rismaharani.

Tiba di Manado, Rabu (20/1/2020) pagi, Mensos Risma didampingi Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw langsung meninjau sejumlah titik dampak banjir dan tanah longsor yang terjadi pekan kemarin.

Dengan gaya khasnya, Walikota Surabaya dua periode ini menyusuri lorong-lorong di beberapa wilayah yang terkena dampak banjir seperti di Kelurahan Ternate Tanjung, Malalayang I Barat kemudian menuju ke pantai Bulo Desa Tateli Weru Kabupaten Minahasa.

Dikesempatan meninjau, Mensos Risma menerima laporan-laporan dari Wagub Steven Kandouw dan Walikota Manado serta Pemda Minahasa terkait perbaikan infrastruktur untuk mengatasi/mencegah dampak banjir dan kondisi akibat pasang air laut.

Mensos menyampaikan bahwa Presiden Jokowi ingin seluruh wilayah terdampak bencana di Indonesia harus dikunjungi pemerintah pusat.

“Saya ditugaskan presiden mengunjungi langsung lokasi-lokasi bencana yang tidak dikunjungi oleh pak Presiden. Hal ini agar bisa lebih cepat penanganan banjir di semua daerah,“ tandasnya.

“Saya sudah terima laporan dari pak Wagub Sulut dan Walikota Manado. Solusi kedepannya, akan nada pintu air dan pompa untuk mengurangi air yang dari atas dengan pompa air, kemudian dengan air yang dari laut bisa dengan pintu air,” terangnya.

Risma mengusulkan agar rumah yang berada di lokasi rawan longsor dapat dipindahkan ke lokasi aman dengan membangun rumah susun. Ia berjanji akan menyampaikannya ke Presiden Joko Widodo.

“Saya akan buat laporan ke presiden, untuk penanganan pintu air, pompa air dan yang rawan longsor dipindahkan ke rumah susun,” terangnya.

Jakas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here