Gubernur Olly Pastikan TPA Ilo-ilo Mamitarang Beroperasi Desember 2021

0
23
Gubernur Olly Pastikan TPA Ilo-ilo Mamitarang Beroperasi Desember 2021
Gubernur Olly Pastikan TPA Ilo-ilo Mamitarang Beroperasi Desember 2021./jakas-sulutimes

SULUTIMES, Sulut – Kebutuhan mendesak Tempat Pemprosesan Akhir (TPA) di Sulut sudah harus menjadi perhatian serius pemerintah. Pasalnya, sampah menjadi masalah krusial bukan hanya di Kota Manado, namun sejumlah Kota dan Kabupaten di Sulut. 

Pekerjaan rumah inilah yang sudah dirancang dan sementara berproses dikepemimpinan Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw (ODSK).

“Ya sejak dari awal kepemimpinan kami (ODSK,red), saya melihat persoalan sampah di Sulut terlebih khusus di Kota Manado karena kita canangkan Provinsi Sulut sebagai kota Pariwisata, akan menjadi permasalahan. Juga karena kami melihat tempat sampah yang ada di Sumompo sudah tidak lagi bisa menampung sampah. Sehingga pemerintah provinsi mengkonsepkan TPA. Inilah tempatnya,” ujar Gubernur Olly saat meninjau pembangunan TPA Regional Mamitarang di Ilo-ilo Kecamatan Wori Kabupaten Minahasa Utara, Senin (1/2/2021) kepada wartawan.

“Syukur kepada Tuhan, karena pemerintah pusat juga mensuport. Hingga pembiayaan ini disiapkan oleh pemerintah pusat. Tahap pertama ini sebesar 120 miliar dan tahap kedua kira-kira 100 miliar,” tambah Olly.

Gubernur Olly menjelaskan pula bahwa di samping TPA ada tempat pengolahan sampah di mana hasil sampah tersebut akan buat energi listrik.

“Kalau hanya perencanaan seperti ini paling kira-kira pendek umurnya bisa hanya 5 sampai 10 tahun sudah penuh kalau tidak ada tempat pengolahan sampah. Nah, dengan dibangunnya pula tempat pengolahan sampah, saya kira permasalahan sampah sampai 20 hingga 25 tahun di Sulut bisa tertangani. Itu target kita dari awal,” paparnya.

Gubernur Olly Pastikan TPA Ilo-ilo Mamitarang Beroperasi Desember 2021
Gubernur Sulut Olly Dondokambey saat berada di lokasi TPA Regional Mamitarang Ilo-ilo wori bersama Sekprov Edwin Silangen dan Kepala SKPD terkait./jakas-sulutimes

“Syukur saya dating hari ini pembangunnya sudah 13 persen. Jadi kira-kira desember 2021 sudah bisa beroperasi sehingga dampak dari Sulut darurat sampah bisa tertangani. Tapi sementara ini ada langkah-langkah lain yang kami tangani untuk sampah di Kota Manado,” terang Gubernur Olly.

Ditanya apakah tidak terlalu lama jika beroperasi pada Desember nanti, Olly pun menjelaskan bahwa dibutuhkan sinergitas antara pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota.

“Konstruksinya sudah begitu. Sebenarnya sudah lama rencana ini sejak saya menjadi gubernur. Tapi kan ada hambatan-hambatan lainnya seperti pemerintah setempat sehingga baru jalan akhir-akhir tahun 2020. Itulah persoalannya. Karena itu sinergitas paling penting agar supaya penanganan persoalan di masyarakat bisa berjalan dengan baik,” tegasnya.

Diketahui, TPA Regional Ilo-ilo Wori ini akan menampung sampah dari 4 kabupaten/Kota di Sulut yaitu Kota Manado, Kota Bitung, Kabupaten Minahasa Utara dan Kabupaten Minahasa.

Peninjauan Gubernur Olly turut diampingi Sekprov Sulut Edwin Silangen, Kadis Perumahan dan Pemukiman Sulut Steve Kepel, Plt Kadis Pekerjaan Umum dan Penatan Ruang Sulut Adolf Tamengkel dan Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Sulut Frangky Manumpil, Staf Khusus Gubernur Pdt Lucky Romopa STh serta Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sulut Rus’an M Nur Taib.

Jakas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here