Multiyears, TPA Mamitarang Ilo-ilo Wori Tampung 500 Ribu Ton Sampah Perhari

0
633
TPA Mamitarang Ilo-ilo Wori Tampung 500 Ribu Ton Sampah Perhari
Multiyears, TPA Mamitarang Ilo-ilo Wori Tampung 500 Ribu Ton Sampah Perhari./jakas-sulutimes

SULUTIMES, Sulut – Mulai Desember 2021 permasalahan sampah di Sulut khususnya di Kota Manado, Kota Bitung, Kabupaten Minahasa Utara dan Kabupaten Minahasa bisa dipastikan dapat tertangani.

Kepastian tersebut diungkapkan Gubernur Sulut Olly Dondokambey saat meninjau pembangunan Tempat Pemprosesan Akhir (TPA) Regional Ilo-ilo Wori Kabupaten Minahasa Utara, Senin (1/2/2021).

“Diperkirakan Desember 2021 pengoperasiaannya. Perhari TPA ini bisa menampung kira-kira 500 ribu ton sampah,” ujar Olly.

Namun, lanjut Olly jika sampah tidak diolah maka umur TPA tersebut hanya berkisaran lima tahun lebih.

“Nah itu jika tidak diolah. Tapi inikan sudah dengan pengolahan sampah sehingga TPA ini bukan sampah yang kita tampung tapi residu sampah itu yang masuk ke penampungan ini. Dengan begitu manfaatnya bisa hingga 20 sampai 25 tahun,” terang Gubernur Olly.

Diungkapkan pula, HGU Ilo-ilo ini milik pemerintah yang sudah diambil alih dari pemegang HGU.

“Ini kita sudah ambil alih dari pemegang HGU Ilo-ilo. Sudah tanda tangan, sudah inkrah ini. Masyarakat sekitar sini pun kita bagi. Jadi ini sudah tertata tinggal tunggu sertifikatnya masing-masing. Sehingga tidak ada gangguan masalah lahan tinggal teknisnya penyelesaian kita minta lebih cepat lebih bagus. Ini proyek multiyears,” jelasnya.

Peninjauan Gubernur Olly turut diampingi Sekprov Sulut Edwin Silangen, Kadis Perumahan dan Pemukiman Sulut Steve Kepel, Plt Kadis Pekerjaan Umum dan Penatan Ruang Sulut Adolf Tamengkel dan Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Sulut Frangky Manumpil, Staf Khusus Gubernur Pdt Lucky Romopa STh serta Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sulut Rus’an M Nur Taib.

Jakas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here