Olly-Steven Dilantik 15 Februari, Edwin Silangen PLH Gubernur Sulut

0
22
Edwin Silangen PLH Gubernur Sulut
Edwin Silangen

SULUTIMES, Sulut – Jumat 12 Februari 2021 besok, Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw akan mengakhiri masa jabatan.

Dari informasi yang diterima, Olly-Steven akan dilantik oleh Presiden Jokowi di Istana Negara pada pekan depan, Senin 15 Februari 2021.

Dengan begitu, untuk mengisi kekosongan pimpinan selang 3 hari kedepan, Mendagri Tito Karnavian mempercayakan Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulut Edwin Silangen sebagai Pelaksana Harian (PLH) Gubernur Sulut.

Hal tersebut tertuang dalam radiogram nomor: 121/672/SJ tertanggal 10 Februari 2021. Ditembuskan kepada tujuh Sekdaprov yang daerahnya melaksanakan Pilgub di Indonesia dengan klasifikasi amat segera.

Tujuh provinsi itu ialah Bengkulu, Jambi, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Kepulauan Riau, Sulawesi Utara, dan Sumatera Barat.

Dalam radiogram itu, Mendagri menjelaskan, sehubungan dengan akan berakhirnya masa jabatan gubernur dan wakil gubernur masa jabatan 2016-2021 tanggal 12 Februari maka Sekda melaksanakan tugas sebagai pelaksana harian kepala daerah.

Hal itu berdasarkan ketentuan pasal 131 ayat 4 PP nomor 49 tahun 2008 tentang Perubahan Ketiga atas PP nomor 6 tahun 2005 tentang pemilihan, pengesahan pengangkatan dan pemberhentian kepala daerah dan wakil kepala daerah.

Sementara itu, saat dikonfirmasi wartawan, Kepala Biro Pemerintahan dan OTDA Setdaprov Sulut Jemmy Kumendong membenarkan Radiogram yang sudah beredar luas di media sosial.

“Berdasarkan radiogram tersebut Pak Sekprov Edwin Silangen sudah ditunjuk sebagai PLH Gubernur Sulut terhitung sejak tanggal 12 Februari 2021,” tutur Kumendong, Kamis (11/2/2021) siang tadi.

Selanjutnya, PLH Gubernur Sulut akan meneruskan pemerintahan serta mempersiapkan segala urusan hingga pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih.

“Untuk dokumen Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih serta persyaratan kelengkapan administratif telah disampaikan kepada Presiden melalui Menteri Dalam Negeri karena akhir masa jabatan OD-SK tanggal 12 Februari,” terangnya.

“Sampai saat ini dari informasi yang kami terima dari pihak Sekneg (Sekretariat Negara) bahwa pelantikan OD-SK, sesuai rencana tanggal 15 Februari, itu berarti ada kekosongan dan Mendagri menunjuk Sekdaprov Sulut sebagai Pelaksana Harian (PLH) Gubernur sampai dengan pelantikan,” kunci Kumendong.

Jakas/*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here