TNI AL Bidik Sulut Dirikan Kodiklatal

0
236
TNI AL Bidik Sulut Dirikan Kodiklatal
Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan WaKasal Laksdya TNI Ahmadi Heru Purnomo dan jajaran TNI AL meninjau lokasi pembangunan Kodiklatal di Likupang, Minut./istimewa

SULUTIMES, Sulut – Kepastian hadirnya Sekolah Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) sama seperti TNI Angkatan Darat, Dodik Bitung dan Kepolisian, SPN Karombasan Manado di Sulut segera terwujud.

Buktinya, peninjauan Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut (WaKasal) Laksdya TNI Ahmadi Heru Purnomo SE MM di Likupang Minut, Jumat (16/4/2021) dalam rangkaian kunjungan kerjanya di Sulut memantau lokasi pembangunan sekolah Pendidikan AL tersebut bersama Gubernur Sulut Olly Dondokambey.

Kepastian tersebut disampaikan Gubernur Sulut Olly Dondokambey kepada sejumlah wartawan dimintai tanggapan di lobi Kantor Gubernur Sulut.

“Iya betul, Pak WaKasal akan membangun satuan pendidikan di sini. Kan Sulut belum ada. Jadi kalau anak-anak Sulut suka masuk Angkatan Laut mudah di sini. Sudah tidak jauh-jauh keluar daerah lagi,” ujar Olly yang pada kesempatan ini didampingi WaKasal Laksdya TNI Ahmadi Heri Purnomo dan Sekprov Edwin Silangen.

Rencana pembangunannya lanjut Gubernur Olly, Pemerintah Provinsi Sulut terlebih dahulu akan mempelajari dan melihat seberapa besar luasan lahan yang dibutuhkan TNI AL guna mendirikan sekolah tersebut.

TNI AL Bidik Sulut Dirikan Kodiklatal
Pertukaran cinderamata antara Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan WaKasal Laksdya TNI Ahmadi Heru Purnomo./istimewa

“Yang pasti Pemprov akan membantu. Didahului dengan kami akan tinjau luas lahan yang akan digunakan dan setelah itu akan kami siapkan,” terang Olly.

Sementara itu, WaKasal TNI AL Laksdya Purnomo saat ditanyai kenapa memilih Sulut sebagai tempat pendidikan AL menerangkan hingga kini belum ada sekolah AL diperbatasan Utara Indonesia.

“Nah, ini akan menjadi peluang dan kesempatan lebih mudah bagi lulusan SMA sederajat yang berada di daerah perbatasan Utara Indonesia untuk bergabung dengan TNI Angkatan Laut,” tuturnya.

“Pula, karena Sulut merupakan daerah perbatasan Utara Indonesia, dan seperti disampaikan pak Gubernur, dengan dibukanya sekolah ini nanti para Putra-putri Sulut yang dari pulau-pulau serta ada yang dari daerah Kalimantan Utara dan Maluku Utara itu mereka bisa pendidikan di sini,” ungkap Laksda TNI Heri Purnomo.

“Nantinya para lulusan dari sekolah pendidikan AL di Sulut ini adalah prajurit angkatan laut yang senantiasa akan mengawaki berbagai fasilitas AL yang ada diperbatasan serta menjadi yang dibanggakan dilingkup Korps TNI Angkatan Laut,” pesannya.

Jakas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here