ToGa Indonesia dan Sulut Sepakat Gubernur Olly Sandang Bintang Mahaputra Utama

0
253
ToGa Indonesia dan Sulut Sepakat Gubernur Olly Sandang Bintang Mahaputra Utama
ToGa Indonesia dan Sulut Sepakat Gubernur Olly Sandang Bintang Mahaputra Utama./sulutimes

SULUTIMES, Sulut – Dedikasi, jasa dan kontribusi dalam membangun bangsa dan daerah yang diperankan Gubernur Sulut Olly Dondokambey mendapat penilaian dari Tokoh Agama (ToGa) Indonesia dan Sulut layak dan pantas menerima serta menyandang Penghargaan Tanda Kehormatan Bintang Mahaputra Utama.

Hal ini diucapkan Ketua Asosiasi Forum Kerukunan Umat Beragama (AFKUB) se-Indonesia Ida Pangelingsir Agung Putra Sukahet, Kamis (15/07/2021).

“Kiblat kerukunan di Indonesia ada di Sulawesi Utara (Sulut) dan benar bahwa Sulut merupakan Laboratorium Toleransi Beragama. Mengapa? Karena Sulut memiliki panutan seorang Gubernur Olly Dondokambey yang benar-benar peduli terhadap Kerukunan dan Toleransi. Beliau adalah aset bangsa Indonesia dan Tokoh Bangsa bagi umat beragama,” ungkap Sukahet.

Ketua Asosiasi FKUB Indonesia ini menambahkan bahwa pihaknya terus memantau kebijakan Gubernur Olly Dondokambey, antara lain sejak lima tahun yang lalu dimana tokoh agama dilibatkan dan ikut berperan dalam pengambilan keputusan terhadap sebagian besar kebijakan sosial kemasyarakatan.

“Pak Gubernur Olly Dondokambey selalu melibatkan Tokoh Agama, lebih khusus peran FKUB dan BKSAUA. Hal ini dapat kita lihat dari pemaparan Ketua MUI Sulut, Ketua FKUB Sulut dan Ketua BKSAUA pada Pekan Kerukunan Nasional yang dihadiri Wakil Presiden Bapak Hj Jusuf Kalla,” tuturnya.

Pemaparan ini sungguh menggetarkan ruang-ruang Diskusi Sarasehan dan Workshop, sehingga seluruh peserta yang hampir 3.000 orang mengakui apa yang dilakukan Gubernur Olly, patut di contohi baik penguatan kelembagaan organisasi kerukunan maupun pemberdayaan organisasi, terlebih pada saat itu diresmikan Desa dan Kelurahan Percontohan Kerukunan se-Indonesia.

“Sehingga Wakil Presiden Bapak Jusuf Kalla dan Ketua PBNU serta beberapa tokoh agama, menyampaikan kalimat pujian dan bangga kepada masyarakat Sulut yang memiliki Gubernur yang benar-benar peduli pada kerukunan,” tutupnya.

Hal senada diungkapkan Hj Drs Ulyas Taha MSi, yang menilai eksistensi Gubernur Olly Dondokambey tidak diragukan dalam membangun kerukunan.

“Beliau (Gubernur) benar-benar layak untuk mendapatkan penghargaan ‘Bintang Mahaputra’” kata Taha.

Ditambahkan Ketua MUI Sulut KH Abdul Wahab Abdul Gafur Lc didampingi Ketua FKUB Sulut Pdt Lucky Rumopa MTh bahwa sejak masa Pandemi, pihaknya dijadikan motor penggerak baik dalam kegiatan sosialisasi maupun dalam penanganan Covid-19.

“Rekomendasi kami agar bantuan lewat Rumah Ibadah merupakan kebijakan yang sangat bijaksana yang dilakukan seorang Gubernur Olly Dondokambey, termasuk pemberian asuransi kepada seluruh Tokoh Agama. Aspek kesejahteraan Tokoh Agama disentuh secara merata termasuk alokasi pembiayaan pembangunan Rumah Ibadah,” ungkap keduanya.

Jakas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini