Gubernur Olly Gemakan Bangkit Bersama Sejahtera Bersama di HUT ke-58 Provinsi Sulut

0
12

DAPAT melewati pandemi dengan situasi yang aman dan terkendali menjadi rasa syukur tersendiri bagi Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven OE Kandouw.

Apalagi di tengah situasi yang sulit, dengan segala macam pembatasan, pemimpin Sulut ini mampu melihat peluang dan menciptakan terobosan-terobosan untuk menjaga stabilitas perekonomian daerah.

Rasa syukur ini selalu disampai-sampaikan baik Gubernur Olly maupun Wagub Steven dalam setiap kesempatan memberikan sambutan. Termasuk pada puncak hari ulang tahun (HUT) ke-58 Provinsi Sulut yang diperingati, Jumat 23 September 2022 dengan upacara yang dilaksanakan di lapangan upacara Kantor Gubernur Sulut.

Gubernur Olly mengungkap, HUT ke-58 Provinsi Sulut mengangkat tema ‘Bangkit Bersama Sejahtera Bersama’. “Kita sudah berjuang penuh dan pulih dari Covid-19 sehingga ini bukan pandemi tapi sudah endemi. Kita percepat pemulihan sehingga pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat. Kegigihan dan semangat para pendiri kita harus kita warisi, dalam melanjutkan pembangunan,” ujar Gubernur Olly yang tampil penuh kharisma sebagai seorang pemimpin dengan mengenakan busana adat Minahasa.

Selanjutnya, kata Gubernur Olly, harmonisasi hidup di Sulut boleh kita pertontonkan kepada warga di Sulut maupun di daerah lain. “Kita mampu merajut tantangan menjadi peluang bahkan menjadi kekuatan. Buktinya pada pandemi kita mampu melewati bersama dengan mematuhi protokol kesehatan, melakukan vaksinasi, sampai booster. Semuanya ini, karena keamanan di Provinsi Sulut. Terima kasih kepada TNI dan Polri dalam menjaga keamanan di Sulut,” katanya.

Gubernur Olly pun mengungkap sejumlah prestasi Pemprov Sulut di masa pandemi. “Di masa pandemi, ada 3 rumah sakit daerah berhasil kita bangun walaupun di tengah kondisi pandemi, yaitu RSUD ODSK, RSJ Kalasey, dan Rumah Sakit Mata. Infrastruktur sarana dan prasarana terus berproses, dan kita bisa membuka ekspor di masa pandemi,” syukurnya.

Ayah dari Rio dan Ray Dondokambey ini pun mengajak seluruh elemen masyarakat di Sulut untuk menjaga kebersamaan. “Dengan semangat kebersamaan kita berhasil membangun. Budaya mapalus mari bersama-sama kita gaungkan di HUT ke-58 Provinsi Sulut,” ucapnya.

Peringatan HUT Sulut ini sarat nuansa budaya. Para pejabat Pemprov serta tamu dan undangan yang menghadiri upacara tampak mengenakan busana adat dari etnis-etnis yang ada di Sulut, seperti Minahasa, Sangihe, dan Bolmong.

Ketua TP PKK Provinsi Sulut Ir Rita Dondokambey-Tamuntuan mengenakan pakaian adat Minahasa, sementara, Wakil Gubernur Drs Steven OE Kandouw dan istri, dr Kartika Devi Kandouw-Tanos MARS tampak mengenakan pakaian adat Bolmong.

Upacara di lapangan upacara kantor gubernur ditandai dengan mengheningkan cipta untuk mengenang jasa pahlawan-pahlawan di Sulut. Selanjutnya Gubernur Olly memimpin pembacaan Pancasila yang diikuti seluruh peserta upacara.

Tampak hadir Anggota DPR RI dan DPD RI utusan Sulut, mantan gubernur dan wakil gubernur Sulut serta istri gubernur atau wakil gubernur, pimpinan DPRD Sulut, para rektor, staf ahli gubernur, perangkat kepala daerah, staf khusus gubernur, kepala instansi vertikal, pemuka agama, tokoh adat, para teladan dan warga Sulut yang berprestasi.

Gubernur kemudian menandatangani prasasti pembangunan sejumlah proyek di Sulut. Dan tak lupa Gubernur menyerahkan penghargaan kepada para teladan di berbagai bidang pelayanan, juga menyerahkan bantuan upah dan bantuan subsidi bagi warga Sulut yang berhak menerima, dan dilaksanakan secara simbolis kepada perwakilan warga.

Bantuan yang diserahkan juga kepada perwakilan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah yang ada di Sulut.

Dikesempatan ini pula, Bunda PAUD Sulut Ir Rita Dondokambey-Tamuntuan dan Forum Anak Daerah Provinsi Sulut Binaan dr Kartika Devi Kandouw-Tanos MARS sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, turut memaknai pertambahan usia Provinsi Sulut dengan mendeklarasikan Pencegahan Perkawinan Usia Anak.

Tampak hadir juga Walikota Manado, Walikota Bitung, Walikota Tomohon, Bupati Minahasa, Bupati Minut, Bupati Mitra, Bupati Minsel, Walikota Kota Kotamobagu, Bupati Bolsel, Bupati Boltim, Bupati Bolmut, Bupati Sitaro, Bupati Sangihe dan Bupati Talaud.

Sebelumnya, rangkaian kegiatan dalam rangka HUT ke-58 Provinsi Sulut telah dilaksanakan dalam beberapa rangkaian kegiatan. Pada hari Rabu 21 September 2022, Gubernur Olly melakukan ziarah dan tabur bunga di makam mantan Gubernur Sulut di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata Jakarta.

Bersama jajaran Forkopimda Provinsi Sulut, Gubernur Olly menjalani rangkaian acara, mulai dari upacara, lalu tabur bunga. “Hari ini saya melakukan ziarah ke makam mantan Gubernur Sulut yang ada di Jakarta diantaranya makam almarhum Bapak F. J Tumbelaka, almarhum Bapak A.A Baramuli, almarhum Bapak G.H. Mantik dan almarhum Bapak Willy Lasut,” ungkap Gubernur Olly.

Sehari sebelumnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) telah melakukan ziarah yang dipimpin Wagub Steven didampingi pejabat eselon 2 ke makam mantan Gubernur Dr. Sam Ratulangi di Tondano, ke makam mantan Gubernur Dr. S.H. Sarundajang di Kawangkoan, makam mantan Gubernur Drs. A.J. Sondakh di Kanonang, dan ke makam mantan Wakil Gubernur Freddy Sualang di Leilem Minahasa.

Adapun HUT Provinsi Sulut ke-58 tahun ini diselenggarakan panitia yang diketuai Dr Jemmy Kumendong dan Sekretaris Dra Lynda Watania MSi yang juha telah berperan sebagai Panitia HUT ke-77 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2022 lalu.

Advetorial Diskominfo Sulut

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini