HAS 2022 Sukses, ODSK dan Menteri P3A Sepakat Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak Tanggungjawab Bersama

0
4

PUNCAK Hari Anak Sedunia (HAS) Tahun 2022 dihadiri langsung Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dan Wagub Sulut Drs Steven OE Kandouw mendampingi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) RI Bintang Puspayoga, Minggu (20/11/2022) pagi di area Pohon Kasih, Kawasan Megamas Manado.

Gubernur Olly dalam sambutannya puncak Hari Anak Sedunia (HAS) Tahun 2022 menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak, yang telah memberikan dukungan setiap kegiatan Hari Anak Sedunia (HAS) di Provinsi Sulawesi Utara. Teristimewa, Saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada para Delegasi HAS Tahun 2022, Anak-Anak ASEAN yang hadir bersama Pendamping, baik yang hadir secara langsung/luring maupun yang hadir online/daring.

Lanjut Gubernur, HAS menawarkan kepada kita, pintu masuk yang penuh inspirasi untuk mengadvokasi, mempromosikan dan merayakan hak-hak anak, untuk berdialog dan melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat membangun dunia menjadi lebih baik bagi anak-anak.

”HAS perlu diperingati dan dimaknai setiap tahunnya, untuk memastikan cara pandang kita tetap berada di jalan yang benar dan tepat, dalam memperlakukan anak, terutama dalam urusan menjamin kesehatan dan meningkatkan
kebahagiaan anak. Juga memastikan setiap anak dapat berkembang dengan baik tanpa adanya.eksploitasi, dan mengarahkan anak untuk menunjukkan keahliannya yang berguna bagi masyarakat kelak,” jelas Gubernur Olly.

Dikatakannya pula, setiap peringatan HAS dapat menjadi kesempatan untuk menyolusikan permasalahan yang dihadapi anak. Executive Director UNICEF, Henrietta Fore, menyatakan bahwa masih ada beberapa masalah.utama yang dihadapi oleh anak-anak saat ini dan di masa depan, antara lain tentang air bersih, iklim bersih, dan udara yang bersih; tentang kesehatan mental dan kemiskinan; serta tentang kekerasan dan konflik.

“Dalam konteks itu, selayaknya peringatan HAS tahun ini juga dapat dimaknai dan dimanfaatkan untuk memperkokoh tekad dan memperkuat komitmen, meningkatkan jalinan sinergitas, sehingga kita akan selalu bersama-sama dalam melanjutkan upaya perlindungan anak, serta upaya mendorong partisipasi anak untuk dapat menikmati hak-haknya dan boleh menorehkan karya-karya terbaik,” tuturnya.

Gubernur Olly pun berharap ada keserasian, keseragaman langkah, untuk menatap masa depan, yang di dalamnya diiringi dengan tantangan-tantangan. mari kita pastikan setiap anak tetap.mendapatkan hak belajar, bermain dan bergembira, serta kita cegah terjadinya perkawinan usia anak. Disamping itu, kita jamin akses layanan kesehatan, terlebih gizi anak, untuk mencegah stunting.

“Mari kita dukung dan lindungi kesehatan mental anak-anak, dimana ini adalah sangat penting untuk mengakhiri kasus pelecehan, kekerasan dan penelantaran terhadap anak. Sambil melakukan upaya strategis lainnya seperti mendukung dan melindungi anak-anak dan keluarganya yang hidup.miskin, hidup di tengah konflik, dan dilanda bencana,” ajak Gubernur Oly sekaligus berharap tingkatkan peran kita masing-masing, peran keluarga dalam pengasuhan, serta menurunkan angka pekerja anak, yang berimplikasi terhadap tumbuh kembang anak. Kita upaya semua anak mendapatkan hak-haknya, memperoleh perlindungan, sehingga tumbuh dan berkembang, menjadi anak-anak yang cerdas, unggul, dan dapat berperan dalam pembangunan bangsa dan negara.

Sementara itu Menteri Bintang Puspayoga menyatakan puncak peringatan hari anak sedunia di Sulut adalah hari merayakan hak anak.

”Hargai pandangan anak dan partisipasi dalam upaya perlindungan, kami bentuk wadah partisipasi anak dalam pembangunan yakni forum anak sudah terbentuk di 33 provinsi,” tukas Menteri Bintang yang seusai kegiatan mengunjungi stand UMKM di lokasi kegiatan ditemani Ketua Tim PKK Sulut Rita Dondokambey Tamuntuan dan Kadis P3A Sulut dr Devi Kandouw Tanos.

Dikatakannya pula, terbentuknya ini bukan hanya menjadi hiasan tetapi diharapkan dapat menjamin pelibatan anak dalam pembangunan di Indonesia.

Menteri pun menegaskan pemenuhan hak dan perlindungan merupakan tanggung jawab kita bersama, sehingga seluruh pihak yang hadir untuk berkolaborasi untuk mewujudkannya.

Sebelumnya Jumat (18/11/2022) menjadi satu momentum spesial serta surprise bagi Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, karena tepat di HUT dirinya ke-61 tahun, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) juga menjadi tuan rumah pelaksanaan puncak peringatan Hari Anak Sedunia (HAS) Tahun 2022 yang digelar sejak tanggal 18 hingga 20 November 2022 yang pelaksanaan kegiatannya di dua (2) kota di Sulut yakni, Manado dan Tomohon dengan melibatkan sekitar 400-an delegasi anak dari 8 negara Asean termasuk Indonesia dan dihadiri langsung Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, Bintang Puspayoga.

Adapun kedatangan ratusan anak delegasi asean dan menteri itu disambut hangat penuh suka cita oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK) pada pelaksanaan “Welcome Lunch” yang digelar di Graha Gubernuran Bumi Beringin, Manado, pada Jumat (18/11/2022).

Untuk diketahui dalam acara puncak HAS di mega mas, Gubernur disapa hangat oleh seluruh anak dengan sebutan Ayah Olly sekaligus menerima tanda kasih dari anak anak bengkulu, kemudian bersama menteri mendengarkan pernyataan dari anak anak ASEAN.

Hadir dalam acara puncak Forkopimda Sulut, Plh Sekprov Steve Kepel, jajaran pejabat Pemprov, Bupati/Walikota.

Advetorial Dinas Kominfo Sulut

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini