7 Tahun Kepemimpinan Olly-Steven Sulut Makin Hebat Tumbuh Lebih Cepat dan Lebih Kuat

0
74
7 Tahun Kepemimpinan Olly-Steven Sulut Makin Hebat Tumbuh Lebih Cepat dan Lebih Kuat
Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw./istimewa

KEPEMIMPINAN Gubernur Olly Dondokambey (OD) dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (SK) di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) kini memasuki umur 7 Tahun, tepatnya pada tanggal 12 Februari 2023. Sejak dilantik oleh Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara tanggal 12 Februari 2016 lalu, berbagai keberhasilan dan kemajuan yang sangat signifikan di berbagai bidang telah dicapai kepemimpinan OD-SK untuk daerah Nyiur Melambai ini. 

7 Tahun Kepemimpinan Olly-Steven Sulut Makin Hebat Tumbuh Lebih Cepat dan Lebih Kuat
Ibadah Syukur 7 Tahun Kepemimpinan Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw./istimewa

Meski dalam perjalanan kepemimpinan OD-SK cukup banyak persoalan tantangan dan persoalan yang ada, namun Pemerintah Provinsi Sulut yang dipimpin oleh OD-SK mampu mengatasinya dengan cepat dan tepat sasaran.

Sehingga, kondisi dan situasi serta pembangunan di daerah ini, bukan hanya menjadi lebih baik, tetapi tahun demi tahun Sulut menjadi semakin Kuat dan semakin Hebat, hingga sekarang ini.

Sebagai bukti kongkrit, Sulut menjadi salah satu Provinsi paling cepat pulih dan bangkit dari gempuran pandemi wabah Covid 19 yang sempat menjadi ancaman memporak-porandakan kondisi sejumlah aspek diantaranya aspek sosial, ekonomi, kesehatan serta pembagunan di daerah ini, pada awal Tahun 2020 hingga awal tahun 2022 lalu.

7 Tahun Kepemimpinan Olly-Steven Sulut Makin Hebat Tumbuh Lebih Cepat dan Lebih Kuat

Bahkan, Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut yang mencatat, ekonomi Sulut di triwulan II Tahun 2022 mengalami pertumbuhan sebesar 5,93% secara tahun ke tahun, atau di atas pertumbuhan ekonomi nasional yang hanya 5,44%. Dan secara quarter-to-quarter mengalami pertumbuhan sebesar 5,13 persen. Secara kumulatif, ekonomi Sulut semester I 2022 dibandingkan semester I 2021 tumbuh sebesar 4,93 persen.

“Kondisi ini harus kita syukuri. Kerja keras dan sinergi kita bersama dalam mengendalikan Covid-19 mulai menunjukkan hasil. Pertumbuhan ekonomi Sulut naik 5,93% pada triwulan II-2022. Pertumbuhan ini posisinya berada di atas pertumbuhan nasional yakni 5,44%,” ujar Gubernur Olly Dondokambey waktu lalu.

Selain itu, Wakil Gubernur Steven Kandouw pertengahan Tahun 2022 telah menjelaskan bahwa realisasi investasi terbesar selama periode Januari–Juni Tahun 2022 untuk sektor investasi di Sulawesi Utara, mencapai 29% dari target pemerintah dan 57% dari target RPJMD.

7 Tahun Kepemimpinan Olly-Steven Sulut Makin Hebat Tumbuh Lebih Cepat dan Lebih Kuat

Sementara neraca perdagangan Sulut dengan luar negeri pada Juli 2022 yang diukur melalui penghitungan net ekspor yaitu total ekspor dikurangi total impor mengalami surplus sebesar US$ 118,26 juta. Nilai tersebut mengalami kenaikan dibandingkan kondisi bulan sebelumnya yang tercatat surplus senilai US$ 50,62 juta.

Selain itu, BPS Sulut juga merilis perkembangan pariwisata dan transportasi laut dan udara. Diketahui bahwa perkembangan transportasi laut dan udara Sulut Juli 2022, jumlah penumpang angkutan laut dalam negeri yang berangkat/embarkasi bulan Juli 2022 sebanyak 65.923 orang, naik 18,45 persen dibandingkan Juni 2022 (55.654 orang).

Jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Sulut melalui pintu masuk bandara Sam Ratulangi bulan Juli 2022 sebanyak 1.684 orang meningkat 14,40 persen dibanding bulan Juni 2022, meningkat 142,30 persen dibanding bulan Juli 2021.

7 Tahun Kepemimpinan Olly-Steven Sulut Makin Hebat Tumbuh Lebih Cepat dan Lebih Kuat

Masuk pada Triwulan III Tahun 2022, pertumbuhan ekonomi Sulut capaian sebesar 6,62 persen (year on year) atau melampaui target yang ditetapkan sebesar 6 persen. Di bidang peningkatan kesejahteraan masyarakat, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK) terus mengawal program Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait pemberian sertifikat tanah gratis di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Kebijakan Kepala Negara dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan Redistribusi Tanah melalui Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), berjalan baik di Bumi Nyiur Melambai. Ada sebanyak 500 sertifikat tanah gratis yang diberikan ke masyarakat Sulut di Aula Mapalus, Kantor Gubernur Sulut, akhir Tahun 2022.

MEMASUKI 7 TAHUN KEPEMIMPINAN
OD-SK ini pula, Provinsi Sulawesi Utara memperoleh Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun 2023 senilai Rp 21,6 Triliun. Angka Rp21,6 Triliun itu terdiri atas Belanja Pusat senilai Rp 8,7 Triliun dan Transfer Daerah senilai Rp 12,9 Triliun.

“Saya kira ini jaga terus kita manfaatkan DIPA. Cepat diproses penyerapan di tahun 2023 untuk mendorong stimulus perekonomian Sulut, agar masuk Triwulan I 2023 ekonomi kita bisa bertumbuh,” kata Gubernur Olly Dondokambey.

7 Tahun Kepemimpinan Olly-Steven Sulut Makin Hebat Tumbuh Lebih Cepat dan Lebih Kuat

Sejumlah kegiatan strategis juga telah dilaksanakan oleh OD-SK di berbagai bidang. Hal ini tentu bertujuan untuk meningkatkan pelayanan pemerintahan, fasilitas dan infrastruktur, ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di Sulut.

Kegiatan Strategis tersebut yakni, Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Manado-Bitung sepanjang 39,8 kilometer, Gubernur Sulut Olly Dondokambey resmikan sekaligus Grand Opening Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) ODSK di Jalan Bethesda, Kota Manado. Hal ini sebagai wujud komitmen pemerintah untuk hadir di tengah masyarakat dalam hal ini memberikan pelayanan kesehatan.

Wakil Gubernur Sulut Drs Steven OE Kandouw melakukan peletakkan batu pertama pembangunan Pusat Kesehatan Ibu dan Anak, salah satu layanan dari RSUD ODSK, di Jl Bethesda, Manado. Dirinya mengatakan, Pusat Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) bakal hadir di Kota Manado. Istimewanya, Pusat KIA ini, nantinya menyediakan layanan fertilisasi invitro atau bayi tabung yang merupakan program kehamilan berupa reproduksi buatan.

7 Tahun Kepemimpinan Olly-Steven Sulut Makin Hebat Tumbuh Lebih Cepat dan Lebih Kuat

Gubernur Olly Dondokambey juga meresmikan Jembatan Gantung di wilayah Kelurahan Kairagi Weru, Kota Manado. Jembatan Gantung di Kairagi Weru tersebut proyek pembangunannya bersumber dari APBN Tahun Anggaran (TA) 2021 dengan nilai Rp2.800.200.000.

Mewakili Gubernur Sulut, Pj Sekprov Praseno Hadi telah membuka kegiatan Rapat Evaluasi Pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Industri Bitung dan KEK Pariwisata Likupang. Dalam sambutannya Sekprov mengapresiasi kegiatan yang digagas dewan KEK yang juga menjadi forum sebagai bahan evaluasi dewan KEK.

Gubernur Olly Dondokambey, meresmikan lima Rumah Susun (Rusun) dan Rumah Khusus (Rusus) di Rumah Susun Seminari Menengah St. Fransiskus Xaverius Kakaskasen, Kota Tomohon. Lima bangunan yang diresmikan tersebut yaitu Rusun Seminari Menengah St Fransiskus Xaverius, Kakaskasen, Rusun UPTD Balai Latihan Kerja, Bitung, Rusun Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Khoir Tebu Ireng VII, Bolaang Mongondow Timur, Rusus Perbatasan Sulawesi I, Bolaang Mongondow Selatan dan Rusun Universitas Negeri Manado.

7 Tahun Kepemimpinan Olly-Steven Sulut Makin Hebat Tumbuh Lebih Cepat dan Lebih Kuat

Dan Gubernur Olly Dondokambey mencanangkan Gerakan “Marijo Bakobong” dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Menanam tepat di momen Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) ke-51. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kawasan Perkebunan, Jl. Ir. Soekarno Kabupaten Minahasa Utara.

PRESTASI demi prestasi ditorehkan oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw pada kepemimpinannya sepanjang Tahun 2022 kemarin. Hal ini terbukti dengan diraihnya 10 Penghargaan di berbagai bidang.
Ini juga merupakan bentuk bukti bahwa Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw terus menjalankan komitmen dalam membangun dan mensejahterakan masyarakat di Provinsi Sulawesi Utara, tidak hanya slogan, tetapi telah di wujudkan dalam bentuk kerja nyata.

Raihan sejumlah penghargaan ini juga, sebagai bentuk apresiasi pemerintah pusat maupun pihak swasta terhadap keberhasilan Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw dalam membangun daerah Nyiur Melambai ke arah yang lebih maju.

7 Tahun Kepemimpinan Olly-Steven Sulut Makin Hebat Tumbuh Lebih Cepat dan Lebih Kuat

Gubernur Sulut, Olly Dondokambey mengatakan tentunya ini tidak lepas dari semua peran jajaran Pemprov Sulut yang telah berkerja keras dan mengimplementasikan semua program sesuai aturan.

“Mari kita syukuri kepada Tuhan atas berkat sudah di raih dan tentunya ini menjadi motivasi untuk tahun 20223, terus ditingkatkan guna membawa Sulut terus berkembang semua sektor,” katanya.

Berikut ini daftar penghargaan yang diraih oleh Pemprov Sulut dibawah kepemimpinan Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw sepanjang tahun 2022:

7 Tahun Kepemimpinan Olly-Steven Sulut Makin Hebat Tumbuh Lebih Cepat dan Lebih Kuat

1. Penghargaan Harmony Award Tahun 2021 dari Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB).
2. Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) dengan kategori “sangat baik”.
3. Penghargaan BKN Award 2022.
4. Penghargaan Primaniyarta 2022 dari Presiden Joko Widodo.
5. Penganugerahan Paritrana Award Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Kategori Pemerintah Provinsi, dengan predikat “The Best”.
6. Penghargaan BI Award 2022 dari Bank Indonesia (BI).
7. Penghargaan Pemerintah Daerah dengan Kinerja Terbaik dalam Melaksanakan Pembangunan melalui Program Regional Project Closing Workshop Infrastruktur Development Fund (RIDF).
8. Penghargaan Anugerah Meritokrasi 2022 dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), dengan predikat “Baik”.
9. Penghargaan dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto selaku Ketua Pengarah Satgas Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD), mendapatkan posisi terbaik III dalam kategori provinsi wilayah Kawasan Indonesia Timur yang dinilai optimal melakukan akselerasi digitalisasi.
10. Penghargaan dari Ombudsman RI, peringkat pertama Predikat Kepatuhan Standar Pelayanan Publik dengan nilai 98,15 pada opini Pengawasan Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Advetorial Dinas Kominfo Sulut

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini