Menelisik Peluang Cagub Sulut mulai Perseorangan, PDIP dan Koalisi Solidaritas Sulut Maju

0
223
Menelisik Peluang Cagub Sulut mulai Perseorangan, PDIP dan Koalisi Solidaritas Sulut Maju
Menelisik Peluang Cagub Sulut mulai Perseorangan, PDIP dan Koalisi Solidaritas Sulut Maju./sulutimes-edit

Catatan: Janni Kasenda
Redaktur www.sulutimes.com

TAHAPAN Pemilihan Kepala Daerah Sulawesi Utara (Pilkada Sulut) 2024 sementara berlangsung.

Sebagai penyelenggara Pilkada, Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sulawesi Utara (KPU Sulut) telah membuka tahapan Pilkada Calon Gubernur (Cagub).

Dimana saat ini, sementara bergulir yaitu tahapan pendaftaran Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Sulut jalur perseorangan atau independen.

Menarik, dari penelusuran www.sulutimes.com, salah satu calon yang sementara berusaha (mungkin,red) mengumpulkan KTP sebagai syarat wajib calon gubernur jalur perseorangan yaitu dr Elly Engelbert Lasut.

Bupati Talaud ini pun harus memenuhi syarat perseorangan 10 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang diperkirakan untuk DPT Sulut harus mengumpulkan bukti dukungan kurang lebih 200 ribu KTP warga Sulut dan harus tersebar minimal di lebih dari 50 persen jumlah kabupaten/kota se-Sulut.

Nah, jika dilihat dari elektabilitas Elly Engelbert Lasut yang memangku jabatan politik sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Sulut, maka peluang meraup ±200 ribu KTP tersebut bisa tercapai.

Beda halnya dengan Partai Pemenang Pemilu 2024 di Sulut, yaitu Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sulut yang berhasil merebut 19 kursi di DPRD Sulut hasil Pemilu 2024.

Dengan demikian PDIP Sulut bisa secara otomatis mendaftarkan calonnya tanpa harus berkoalisi. Nama Kader PDIP yang saat ini menjabat sebagai Wagub Sulut, Drs Steven Kandouw terus digadang untuk maju pada Pilkada Sulut.

Bahkan disejumlah kesempatan, dukungan langsung oleh Ketua DPD PDI Perjuangan Sulut Olly Dondokambey terus menyuarakan Steven Kandouw (SK) sebagai calon Gubernur Sulut dari PDIP.

Selain SK, nama Rita Maya Tamuntuan pun disebut-sebut memiliki peluang mendapat rekomendasi dari DPP PDIP. Pasalnya, isteri tercinta dari Bendum PDIP Olly Dondokambey ini pun layak bersaing dan memiliki peluang untuk maju dalam kontestasi Pilgub Sulut 2024.

Sementara itu, sejumlah partai yang tidak memenuhi ambang batas mencalonkan calon di Pemilihan Gubernur Sulut, sepakat berkoalisi agar bisa mengusung calon.

Ada sekira empat Partai saat ini di Sulut sepakat membentuk koalisi. Partai Golkar (6 Kursi), Partai Gerindra (6 kursi), Partai NasDem (6 kursi) dan Partai Solidaritas Indonesia (1 kursi).

Melalui ketua partai masing-masing, Ketua DPD Golkar Sulut Christiani Paruntu, Ketua DPD Gerindra Sulut Conny Rumondor, Ketua DPW NasDem Sulut Victor Mailangkay dan Ketua DPD PSI Sulut Melky Pangemanan terus bermanuver secara bersama-sama menemui petinggi keempat partai tersebut di pusat.

Hasilnya, dengan terus solid bergerak, mereka keempat Ketua Partai ini pun sepakat membentuk koalisi yang dinamai Koalisi Solidaritas Sulut Maju (KSSM).

“Momen Idul Fitri membawa keberkahan bagi kami. Hasil silahturahmi kami yang telah menemui Pak Prabowo Subianto, Pak Erlangga Sutarto, Pak Surya Paloh dan Pak Jeffry Geovani, mereka menyambut baik koalisi kami ini,” ujar Ketua DPW Partai Nasdem Sulut Dr Victor Mailangkay kepada www.sulutimes.com, Selasa 16 April 2024.

“Adapun tujuan Koalisi Solidaritas Sulut Maju menatap Pilkada Serentak 2024 di Sulut guna membangun Sulut lebih maju yang mendukung pemerintahan dibawah kepemimpinan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka,” tambah Wakil Ketua DPRD Sulut ini.

Ditanya terkait siapa bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut dari Koalisi Solidaritas Sulut Maju, Victor Mailangkay selaku Wakil Ketua KSSM masih enggan mengungkapnya malahan secara diplomatis berucap, “Hubungi Ketua Koalisi Ibu Conny Rumondor,” tulisnya di pesan WhatsApp.

So, menarik menelisik berapa calon yang bakal bertarung di Pilgub Sulut 2024 ini. Apakah 2 calon ataukah 3 calon Gubernur Sulut.?(*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini