Tonggak Program ODSK, Biro Organisasi Minta PD Terus Ciptakan Inovasi Pelayanan Publik

0
61
OD-SK TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik 2018

SULUTIMES, Sulut – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut), mendorong setiap perangkat daerah untuk terus melakukan berbagai upaya inovasi dalam hal pelayanan publik. Hal tersebut disampaikan Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Sulut Glady Kawatu SH MSi.

Dikatakan Kawatu, melalui program inovasi pelayanan publik yang diciptakan masing-masing Perangkat Daerah akan dapat mempercepat dan mempermudah pelayanan kepada masyarakat dan menumbuhkan kepercayaan masyarakat atas pelayanan Pemprov Sulut terlebih pula langkah tersebut akan menopang program ODSK yang disampai-sampaikan Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw.

Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi Sulut Galdy Kawatu.(ist)

“Inovasi pelayanan publik merupakan salah satu program prioritas pemerintah pusat dalam rangka meningkatkan percepatan kualitas pelayanan publik. Untuk itu setiap Perangkat Daerah di Pemprov Sulut harus melakukan inovasi agar pelayanan bagi masyarakat lebih maksimal,” ujarnya.

“Percepatan kualitas pelayanan publik harus dilakukan karena kebutuhan masyarakat semakin meningkat, dunia semakin berkembang, untuk itu dibutuhkan langkah yang cepat. Inovasi pelayanan publik juga merupakan napas mendapatkan kepercayaan publik,” tambah Kawatu.

Lanjutnya mengingatkan, inovasi yang akan dilaksanakan tidak hanya tentang teknologi, namun bagaimana perangkat daerah bisa mengubah mekanisme, prosedur yang akan memudahkan masyarakat mendapat pelayanan.

“Untuk mendorong hal tersebut Pemprov Sulut telah melakukan kompetisi inovasi pelayanan publik. Secara teknis, peserta kompetisi yang telah berlangsung terdiri dari Perangkat Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota. Isinya, inovasi dari peserta yang diikutsertakan dalam kompetisi yang diajukan dalam bentuk proposal dan dokumentasi inovasi terlihat jelas sangat berkualitas. Seperti nampak, inovasi yang diikutsertakan pada kompetisi tersebut memenuhi salah satu dari kriteria diantaranya memiliki kebaruan, memperkenalkan gagasan yang unik, pendekatan yang baru dalam penyelesaian masalah, atau kebijakan dan desain pelaksanaan yang unik atau modifikasi dari inovasi pelayanan publik yang telah ada untuk penyelenggaraan pelayanan public,” ungkap Kawatu.

Diketahui, kategori kompetisi yang ditampilkan pada pameran kompetisi inovasi pelayanan publik se Sulut, serta pencanangan program One Agency One Inovation (satu instasi satu inovasi) yang berlangsung di Manado Town Square, Senin (17/6/2019) lalu terdiri dari pengentasan kemiskinan, pendidikan, kesehatan, ketahanan pangan, pertumbuhan ekonomi dan kesempatan kerja, pemberdayaan masyarakat, pelayanan publik responsif gender, perlindungan dan pelestarian lingkungan hidup, dan tata kelola pemerintahan.

Lebih jauh pula dijelaskan Kawatu tentang mekanisme pengajuan proposal inovasi dimulai dari UPT membuat dan mengajukan proposal dan dokumentasi inovasi kepada admin lokal melalui sinovik. Kemudian admin lokal mengajukan proposal dan dokumentasi inovasi yang diajukan oleh UPP tersebut kepada admin kementerian.

“Apabila Admin Lokal menilai proposal dan dokumentasi inovasi tersebut belum layak, maka Admin Lokal berhak untuk mengembalikan proposal tersebut kepada UPT untuk dilakukan perbaikan dengan memberikan arahan dan penjelasan mengenai hal-hal yang perlu diperbaiki, sebelum diajukan kepada Admin Kementerian,” jelasnya.

“Hasilnya pun telah nyata, pada 2018 lalu, program ODSK Sulut meraih Penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik pada Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (SINOVIK) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI,” kunci Kawatu.

Sementara itu, Gubernur Sulut Olly Dondokambey melalui Wagub Steven Kandouw mengingatkna setiap jajaran Perangkat Daerah untuk terus melakukan inovasi pelayanan publik, guna memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

“Pemprov Sulut terus berusaha memberikan pelayanan terbaik, pengawasan Ombudsman perlu, agar menghasilkan penilaian yang objektif. Untuk itu saya mengajak kepada semua stakeholders untuk terus memberikan pelayanan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, melalui momentum pameran ini memberi penyadaran dan inspirasi untuk berkompetisi memberikan pelayanan terbaik,” ujar Wagub SK saat membuka kegiatan pameran kompetisi inovasi pelayanan publik se Sulut, serta pencanangan program One Agency One Inovation (satu instasi satu inovasi) Senin, (17/6/2019) di Manado Town Square.

 

ADVETORIAL

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here