Kasus Dana PAUD, Oknum Kadis dan Kontraktor Digelandang Kejari Bitung Masuk Malendeng

0
51
Kasie Intel Kejari Bitung Budi Kristiarso.(ist)

SULUTIMES, Bitung – Kejaksaan Negeri Bitung hari ini melakukan penahanan terhadap oknum Kepala Dinas berinisial FT lingkup Pemkot Bitung dan MK selaku kontraktor dalam kasus dugaan korupsi penyalahgunaan dana PAUD tahun 2016 di Dinas Pendidikan Kota Bitung, Kamis (8/8/2019). 

Hal ini sebagaimana disampaikan Kasie Intel Kejari Bitung Budi Kristiarso SH yang mengatakan tersangka FT dan MK dilakukan penahanan selama 20 hari terhitung hari ini sampai 27 Agustus mendatang.

“Penahanan di rutan Malendeng, Manado, dan dibawah sekitar pukul 15.45 wita,” jelas Budi.

Lanjut dikatakannya, FT dan MK diduga menyalahgunakan dana Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tahun 2016.
“Kerugian negara ditaksir sekitar Rp 557.846.152, dimana terjadi salah peruntukan. Jumlah tersebut berdasarkan hasil audit BPKP,” terangnya.

Lebih jauh dijelaskan Budi, seharusnya ada 3 tersangka sesuai SPDP dari penyidik. Namun 1 lainnya yakni BP masih berstatus buron,” tukasnya.

Dalam waktu dekat ini kata Budi, JPU akan sesegera mungkin menyerahkan barang bukti dan tersangka ke Pengadilan Tipikor Manado.

“Tersangka didakwa melanggar pasal 2 ayat 1 subsidier pasal 3 UU 31 tahun 1999 junto pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP tentang tindak pidana korupsi, dengan ancaman hukuman maksimal 20 thn penjara dan denda minimal 200 jt,” pungkasnya.

Diketahui, FT saat ini merupakan Kepala Badan Pendapatan Daerah Kota Bitung, dan pernah menjabat Kepala Dinas Pendidikan Kota Bitung, MK sendiri menurut Budi, merupakan pihak penyedia jasa.

 

Ronny/Jakas 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini