DPRD Kota Manado Gelar Paripurna LKPJ Wali Kota Tahun 2021

0
4
DPRD Kota Manado menggelar rapat paripurna penyampaian LKPJ Wali Kota Manado Tahun 2021. (Foto:Kla)

LIPUTAN KHUSUS

SULUTIMES, Manado — DPRD Kota Manado menggelar rapat paripurna dalam rangka mendengarkan penyampaian laporan keterangan pertanggung jawaban Wali Kota Manado tahun 2021, yang digelar Rabu (06/04/2022).

Rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Kota Manado, Dra. Aaltje Dondokambey dan didampingi oleh masing-masing Wakil Ketua DPRD yaitu Noortje Henny Van Bone serta Adrei Laikun, juga dihadiri Wali Kota Manado Andrei Angouw dan Wakil Wali Kota dr. Richard Sualang serta jajaran perangkat daerah Pemerintah Kota Manado.

Ketua DPRD Kota Manado, Dra. Aaltje Dondokambey mengatakan rapat paripurna yang digelar pihaknya didasarkan pada ketentuan dalam pasal 19 ayat 1, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 13 tahun 2019.

“Ketentuan dalam pasal dan ayat tersebut jelas mengatakan bahwa Kepala Daerah menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban kepada DPRD paling lambat tiga bulan setelah berakhirnya tahun anggaran berjalan,” kata Dra. Aaltje Dondokambey.

Menurutnya, rapat paripurna penyampaian LKPJ Wali Kota Tahun 2021 akan ditindaklanjuti dengan pembahasan secara internal DPRD Kota Manado dengan menghadirkan masing-masing perangkat daerah.

Sementara Wali Kota Manado, Andrei Angouw, dalam penyampaianya menyatakan rasa terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh anggota DPRD Manado, karena sudah menjadwalkan mendengarkan penyampaian LKPJ tersebut.

Lanjutnya, dalam amanat dari peraturan perundang-undangan tersebut, LKPJ merupakan hasil pelaksanaan kewenangan daerah yang dilaksanakan Pemda dan tugas pembantuan dan penugasan, dan dilakukan dengan memperhatikan capaian kinerja kegiatan sesuai Perda dan penugasan pusat.

“Dalam rapat paripurna ini, dapat saya sampaikan pada 2021 adalah tahun terakhir dari periodisasi RPJM 2016 – 2021, dan 2021 dan 2026 kami laporkan kepada DPRD,” ungkap Wali Kota Manado, Andrei Angouw.

Secara umum dia menjelaskan, pada LKPJ tersebut, pertumbuhan ekonomi 5,14 persen men -3,3 persen, PDRB PKP 84,18 juta meningkat jadi 87,23 juta inflasi terkendali 2,16 persen, hingga pajak daerah Rp363 miliar, yang terealisasi Rp239 miliar lebih.

Wali Kota Andrei Angouw juga melaporkan kegiatan menangani pandemi COVID-19 serta berbagai pelaksanaan kegiatan tahun lalu, dan berharap dibahas oleh DPRD Manado. (Kla)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini