Dispar: Festival Bunaken dan Mangatasik Underwater Photo Competition jadi Agenda KEN Kemenparekraf 2021

0
12
Festival Bunaken dan Underwater Photo Competition jadi Agenda KEN Kemenparekraf 2021
Dispar: Festival Bunaken dan Underwater Photo Competition jadi Agenda KEN Kemenparekraf 2021./istimewa

SULUTIMES, Sulut – Festival Bunaken dan 2nd Mangatasik Underwater Photo Competition dan Festival Bunaken masuk agenda Iven Pariwisata Nasional dalam konsep Karisma Event Nasional (KEN) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI 2021.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Sulawesi Utara Hendry Kaitjili yang didampingi Kepala Bidang Pemasaran Judhistira Siwu dalam Konferensi Pers yang dilaksanakan di D’Mangatasik Resort, Kamis (25/11/2021).

Menurut Kadispar Sulut Hendry Kaitjily kegiatan ini akan dibuka langsung Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey pada tanggal 27 November 2021 dimana masyarakat yang ada di Pulau Bunaken dilibatkan secara langsung untuk dapat lebih merasakan serta mencitai Festival Bunaken ini.

“Jadi it’s time for Bunaken adalah bagaimana Bunaken dan warga masyarakat Bunaken merasa memiliki Festival Bunaken ini, tidak lagi seperti konsep sebelumnya yang dilaksanakan Mall, jadi konsep Festival Bunaken kali ini bagaimana merevitalisasi nama besar Bunaken yang juga merupakan tempat yang indah untuk underwater serta surga bagi para penyelam,” ujarnya.

Sebelumnya Kepala Bidang Pemasaran Judhistira Siwu menjelaskan bahwa pelaksanaan Festival Bunaken akan dilaksanakan pada tanggal 27-28 November dimana kegiatan ini lebih menitikberatkan pada isu Konsevasi dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Kepariwisataan dimasa Pandemi Covid-19, yang juga ditandai dengan pelepasan Tukik serta penanaman Mangrove serta Transplantasi terumbu karang dengan mengambil lokasi di Pantai Pangalisan.

“Dalam Kegiatan ini ada yang sifatnya selebrasi namun prosentase besarnya itu bagaimana dapat menjadikan Bunaken sebagai suatu destinasi wisata yang bersih, lestari dan menjadikan orang -orang Bunaken juga memiliki SDM yang unggul dan hospitality-nya baik,” urai Siwu.

“Untuk acara siang itu dititikberatkan pada pelatihan dimana ada juga talk show disitu dengan mengusung tema Pengembangan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Era Pandemi,” ujar Judhistira.

“Tujuan untuk melaksanakan festival Bunaken bukan semata-mata hanya untuk selebrasi saja, tapi juga bagaimana memberikan multiplier effect ekonomi bagi masyarakat yang ada di pulau Bunaken,” terang Judhistira Siwu.

Jakas/*

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini