Your Ads

Wednesday, Dec 12, 2018
HomeActual & ValidPendidikanTernak Kambing Lokal Jadi Deseminasi Penelitian Bioteknologi Reprosduksi antara Unima dan Direktorat Lemlitbang Kemenristekdikti

Ternak Kambing Lokal Jadi Deseminasi Penelitian Bioteknologi Reprosduksi antara Unima dan Direktorat Lemlitbang Kemenristekdikti

SULUTIMES, Sulut – Untuk lebih meningkatkan kapasitas Kelembagaan LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) Universitas Negeri Manado (UNIMA) dalam mengembangkan hasil-hasil riset serta mengakselerasi deseminasi hasil riset agar kemanfaatannya langsung dirasakan oleh pengguna teknologi.

LPPM UNIMA bekerjasama dengan dengan Direktorat Lembaga Penelitian dan Pengembangan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi melaksanakan kegiatan deseminasi hasil-hasil produk riset dan pengembangan bioteknologi pakan dan reproduksi untuk menghasilkan ternak kambing lokal unggul di Sulawesi Utara.

Kegiatan ini dirasa sangat penting karena posisi ternak kambing masih menjadi strategis selain dalam upaya pemenuhan pangan (protein hewani) secara kontinyu juga masih menjadi salah satu usaha penyumbang sumber pendapatan ekonomi masyarakat dan daerah.

Sewajarnya juga bila ternak kambing lokal terus mendapat perhatian serius dan terus dikembangkan oleh masyarakat di beberapa wilayah di Sulawesi Utara antara lain di wilayah Minahasa Utara di samping telah dikenal luas dan sangat diminati terutama bagi sebagian besar masyarakat pemukim wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil di samping persiapan kebutuhan tiap rumah tangga untuk disembelih pada pada saat hari raya keagamaan seperti idul fitri dan idul adha dan peristiwa keagamaan lainnya juga untuk kepentingan produksi atau dijual untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga.

Walaupun demikian produktivitas kambing lokal masih rendah bahkan telah mengalami degradasi materi genetiknya. Berbagai usaha telah dilakukan dalam upaya meningkatkan produktiivtas kambing lokal, namun belum membuahkan hasil yang signifikan terutama untuk memperbaiki materi genetik kambing lokal karena pola budidaya kambing oleh masyarakat yang telah terbiasa dengan melepas bebas atau hanya mengikat ternaknya begitu saja di tempat dimana ternak dapat merumput potensial terjadi imbreeding dan asupan nutrisi standar untuk kelangsungan hidup dan pertumbuhan tidak sepenuhnya terpenuhi.

Sesungguhnya telah tersedia berbagai teknologi hasil-hal riset dari perguruan tinggi maupun instansi terkait lainnya dalam upaua memperbaiki penampilan produk kambing lokal. Namun hasil-hasil riset tersebut belum banyak diketahui oleh masyarakat peternak.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Manado (LPPM Unima) selain menghasilkan berbagai riset, juga memiliki tanggungjawab untuk mendeseminasikan hasil-hasil riset tersebut. Melalui kerjasama dengan Direktorat Lemlitbang Kementeriat Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Jakarta, telah terfasilitas upaya deseminasi hasil-hasil penelitian bioteknologi reproduksi dalam upaya peningkatan produktivitas kambing lokal di Minahasa Utara Provinsi Sulawesi Utara.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di desa Kema III Kecamatan Kema Kabupaten Minahasa Utara selain dihadiri oleh anggota masyarakat peternak kambing dan perangkat desa serta Camat Kema. Hadir sebagai narasumber selain dari Unima dan Unsrat serta Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Minahasa Utara, juga dihadiri oleh Direktur Lemlitbang yang diwakili oleh Dewi Yulianti serta Bara Hasibuan selaku anggota Komisi VII DPR RI asal Sulawesi Utara yang merupakan mitra dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Transformasi informasi melalui deseminasi hasil-hasil penelitian di Unima yang bekerjasama dengan berbagai pihak terutama dengan Direktorat Lemlitbang maupun dengan pihak lainnya masih akan terus berjalan sehingga hasil-hasi penelitian perguruan tinggi dapat langsung dirasakan oleh masyarakat pengguna.

 

Jakas

Comments

comments

Gubernur OD Hadiri P
Mantiri Paparkan Hal

viktory.rotty@yahoo.com

Rate This Article:
NO COMMENTS

LEAVE A COMMENT

Pin It on Pinterest

Share This