Wabup Pnt Robby Dondokambey: Kebangkitan Yesus Adalah Mengamini Karya Allah untuk Penebusan Dosa

0
71
Kebangkitan Yesus Adalah Mengamini Karya Allah untuk Penebusan Dosa
Wakil Bupati Minahasa Pnt Robby Dondokambey

SULUTIMES, Minahasa – Hari ini seluruh umat kristiani di dunia merayakan hari raya paskah, sebagai bentuk peringatan pengorbanan sang juruselamat dunia Yesus Kristus, yang telah rela mati di kayu salib demi menebus dosa umat manusia, yang kita telah hayati lewat rangkaian minggu-minggu sengsara dan Jumat Agung, hingga hari ini kita merayakan kebangkitan dan kemenangan Yesus Kristus atas maut.

Ungkapan ini mengawali sambutan Wakil Bupati Minahasa Dr Robby Dondokambey saat menghadiri ibadah Paskah bersama Jemaat GMIM Petra Sawangan Wilayah Kembes, Minggu (17/4/2022) didampingi Wakil Ketua TP PKK Minahasa Pnt Martina Dondokambey-Lengkong SE dengan Khadim Ketua BPMJ Petra Sawangan Pdt Mariana Potu-Matahelumual STh.

“Berkenaan dengan itu, atas nama Pemerintah Kabupaten Minahasa, Bupati Royke Roring dan jajaran serta Keluarga Roring-Lumanauw dan Keluarga Dondokambey-Lengkong serta Keluarga Muntu-Komalig menyampaikan selamat menghayati dan bersyukur kepada umat Kristiani di tanah Minahasa. Kristus telah Bangkit, Haleluya,” ujar Dondokambey.

Kebangkitan Yesus Adalah Mengamini Karya Allah untuk Penebusan Dosa
Wabup Pnt Robby Dondokambey dan Ketua TP PKK Minahasa Pnt Martina Dondokambey-Lengkong khusuk mengikuti ibadah Paskah di GMIM Petra Sawangan

Lanjut Wabup Robby Dondokambey yang juga Pelayan Khusus (Pelsus) di GMIM Petra Sawangan selaku Ketua Kategorial P/KB Petra Sawangan ini menerangkan kita dapat melihat dan mengamati berbagai kemeriahan pemaknaan paskah Yesus Kristus khususnya di tanah Minahasa. Berbagai ornamen dan simbol visualisasi paskah dibangun oleh umat, jemaat dan masyarakat sudut-sudut jalan dan tempat-tempat strategis menjadi saksi ragam ungkapan religius umat dan jemaat yang menunjukkan bahwa gereja ada dan iman senantiasa bertumbuh di tengah-tengah dinamika perobahan zaman. Bahkan, ada yang menghayatinya melalui prosesi kolosal jalan salib untuk menunjukkan bahwa, rangkaian peristiwa tersebut sampai paskah, merupakan momentum-momentum penting dalam proses penyelamatan manusia dari kebinasaan.

“Pesan-pesan moral yang ingin diungkapkan melalui ornamen dan simbol paskah ini, tentunya tidak sekedar visualisasi semata, tetapi bagi umat yang percaya, paskah adalah pembaharuan dari cara hidup lama ke kehidupan baru dalam kasih karunia Tuhan,” terangnya.

Karena itu, tambah Wabup Pnt Robby Dondokambey, momentum Paskah kita jadikan sebagai bentuk refleksi diri tentang pengorbanan kasih yang sejati dan cinta tanpa syarat dari Tuhan Allah melalui Yesus Kristus, sebagaimana di imani dalam kitab Yohanes 3 ayat 16 “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia mengaruniakan Anak-Nya yang Tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa melainkan beroleh hidup yang kekal”.

Kebangkitan Yesus Adalah Mengamini Karya Allah untuk Penebusan Dosa
Wabup Minahasa Pnt Robby Dondokambey dan Isteri Pnt Martina Dondokambey-Lengkong bersama Pendeta dan Pelsus GMIM Petra Sawangan

Dengan demikian, Paskah Kebangkitan Yesus bagi kita adalah mengamini karya Allah untuk penebusan dosa, tetapi juga dimaknai bahwa manusia harus yakin dan percaya bahwa yesus adalah sang putra penebus dosa manusia dan hanya melalui dialah manusia bisa sampai kepada Bapa di sorga. Inilah pesan hakiki yang ingin Yesus sampaikan dan ingatkan melalui murid-murid-Nya setelah Ia bangkit dengan sapaan “Damai Sejahtera Bagi Kamu Sekalian”.

Dikesempatan ini selaku Pemerintah, Wabup Pnt Robby Dondokambey mengingatkan, di tengah-tengah kehidupan berjemaat (Gereja), kitapun berada dalam lingkungan masyarakat yang terbangun dalam berbagai aktifitas dan profesi yang saling mempengaruhi. Demikian pula, kita tak lepas dari dinamika lingkungan baik internal maupun eksternal, termasuk didalamnya pelaksanaan berbagai kegiatan dalam kalender gerejawi dengan mengedepankan protokol kesehatan, seperti dalam perayaan Jumat Agung dan Paskah. Karena kita masih diperhadapkan dengan upaya mengatasi pandemi covid-19 yang memasuki tahun ketiga sejak terdeteksi di Indonesia. Diakui bahwa, pandemi covid-19 ini cukup mempengaruhi kinerja semua sektor pembangunan terutama sektor ekonomi. Demikian juga, dinamika global termasuk didalamnya suasana perang dan bencana alam yang berdampak secara signifikan terhadap perekonomian indonesia serta juga Provinsi Sulawesi Utara dan Kabupaten Minahasa.

“Untuk itu, saya meminta jemaat dan masyarakat untuk tetap terus menopang dalam doa dan mendukung pemerintah Kabupaten Minahasa dalam upaya mendinamisasikan pembangunan tanah Minahasa yang kita cintai ini. Pemerintah Kabupaten Minahasa dengan bersinergi dengan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara terus berupaya lewat implementasi program dan kegiatan baik yang dibiayai melalui APBN maupun APBD. Seiring dengan itu, terus dioptimalkan vaksinasi lengkap dosis 1 dan dosis 2 serta vaksinasi booster untuk menciptakan kekebalan kelompok (Herd Immunity). Sampai bulan ini vaksinasi covid-19 dosis 1 baru mencapai 87%, dan vaksinasi booster baru mencapai kurang lebih 10%. Hal ini masih memerlukan kerja keras kita semua, tetapi juga kesadaran dan inisiatif dari masyarakat untuk segera menuntaskan program vaksinasi tersebut,” pinta Wabup RD selaku Ketua P/KB Wilayah Kembes ini.

Kebangkitan Yesus Adalah Mengamini Karya Allah untuk Penebusan Dosa
Ibadah Paskah di Jemaat GMIM Petra Sawangan

Masih terkait dengan program pemerintahan, Wabup Pnt Robby Dondokambey juga mengingatkan, saat ini di Kabupaten Minahasa sementara dalam pentahapan pemilihan Hukum Tua di 98 Desa. Perhelatan demokrasi ini, tentunya sangat penting dan strategis bagi pemerintah dan masyarakat dalam rangka menjamin kontinuitas penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan, serta juga dalam kerangka pembelajaran politik (Political Education) yang baik kepada masyarakat.

“Pemilihan hukum tua di tanah Minahasa sudah merupakan bagian dari proses demokrasi yang diwariskan oleh para tua-tua Tou Minahasa di seluruh sub etnik tanah malesung. Kita berharap agar proses pemilihan hukum tua tersebut, dapat berjalan dengan baik dan lancar serta aman dan tertib,” imbuhnya sembari mengingatkan pula kepada seluruh masyarakat dan jemaat untuk mencermati kondisi dinamika cuaca saat ini yang cenderung berubah-ubah.

“Dimintakan kepada kita semua untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadinya bencana alam seperti banjir, tanah longsor, pohon tumbang, dan laln-lain. Sambil senantiasa memperhatikan kebersihan dan keindahan halaman dan lingkungan di sekitar kita,” harap Wabup Robby Dondokambey.

“Mari kita saling mengasihi dan menghormati serta terus memupuk toleransi antara satu dengan yang lain dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. kiranya Tuhan yang maha kasih akan menyertai kita semua dan memberkati Kabupaten Minahasa tercinta. Selamat Paskah, terima kasih, Pakatuan Wo Pakalawiren,” pungkas Ketua PMI Kabupaten Minahasa ini.

Jakas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini