Peringati Hari Bela Negara ke-73, Wagub Kandouw Sampaikan Pesan Presiden Jokowi

0
4
Peringati Hari Bela Negara ke-73
Peringati Hari Bela Negara ke-73, Wagub Kandouw Sampaikan Pesan Presiden Jokowi./sulutimes-edit

SULUTIMES – Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Wagub Sulut) Steven OE Kandouw didaulat menjadi inspektur upacara pada peringatan hari Bela Negara ke-73 di Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulut, Senin (20/12/2021).

Dalam sambutannya, Wagub Kandouw membacakan pesan dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Upacara yang dirangkaikan dengan apel mengantisipasi kamtramtibmas Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 serta apel siaga bencana ini dimulai sekitar pukul 08.00 Wita dihadiri oleh Ketua DPRD Sulut Andi Silangen, Sekdaprov Sulut Gamy Kawatu dan para pejabat di lingkungan Pemprov Sulut, jajaran Polri, TNI, dan berbagai ormas.

Dalam sambutan tertulis Presiden Jokowi yang dibacakan Wagub Kandouw, Presiden mengajak seluruh rakyat Indonesia sebagai bagian dari komponen bangsa untuk bersama-sama menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik lndonesia (NKRI) dengan semangat bela negara.

“Kobaran semangat ini tentu berasal dari seluruh komponen bangsa mulai dari prajurit TNI, polisi, pegawai, petani, pedagang kecil, nelayan, ulama. santri, mahasiswa, pekerja, buruh, dan elemen rakyat yang lainnya. Sejarah telah membuktikan bahwa negara Indonesia dibentuk oleh seluruh komponen bangsa. Pembentukan ini berawal dari pengorbanan yang dilakukan berpuluh-puluh tahun IaIu dengan semangat bela negara,” katanya.

Menurutnya, membela negara tidak hanya dilakukan dengan kekuatan senjata dan berperang, tetapi juga dilakukan dengan upaya-upaya politik maupun diplomasi.

“Peringatan Hari Bela Negara tahun 2021 ini mengambil tema “Semangat Bela Negaraku, lndonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”.

Tema tersebut mengisyaratkan kita untuk terus mengobarkan dan mengimplementasikan sikap rela berkorban demi bangsa dan negara serta tetap tumbuh bersama-sama untuk berjuang pantang menyerah menuju lndonesia Maju,” tuturnya.

Wagub Kandouw mengatakan, saat ini masyarakat masih berada dalam masa pandemi Covid-19, Krisis akibat pandemi ini harus dihadapi dengan tepat, baik secara fisik dan non fisik.

“Perkokoh semangat bela negara dan bahu-membahu, saling bergandeng tangan dalam menghadapi pandemi Covid-19, agar kita tangguh melalui berbagai ujian, dan terus tumbuh dalam menggapai cita-cita bangsa,” terangnya.

Jakas/*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here