Irup HUT Polhut ke-55, Wagub Kandouw Ingatkan Moratorium Kerusakan Hutan di Sulut Lebih Optimal

0
41
Wagub Kandouw Ingatkan Moratorium Kerusakan Hutan di Sulut Lebih Optimal
Irup HUT Polhut ke-55, Wagub Kandouw Ingatkan Moratorium Kerusakan Hutan di Sulut Lebih Optimal./sulutimes-edit

SULUTIMES, Sulut – Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Wagub Sulut) Steven Kandouw bertindak selaku inspektur upacara (Irup) pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 55 Polisi Kehutanan (Polhut) Tingkat Provinsi Sulut, Selasa (21/12/2021) bertempat di Halaman Kantor Gubernur Sulut.

Pada kesempatan itu, Wakil Gubernur Sulut membacakan sambutan Menteri LHK RI, Siti Nurbaya dan dilanjutkan penghormatan kepada pataka kehutanan serta penandatangan deklarasi pembentukan ikatan polisi kehutanan indonesia (IPKI) provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dan penanaman sejumlah pohon di area halaman kantor Gubernur Sulut.

Usai upacara Wagub Kandouw kepada media mengatakan ini untuk pertama kali HUT Polhut dilaksanakan di Sulut. Ini merupakan arahan dari ibu Menteri LHK RI.

“Ini tentunya menandakan bagaimana semakin pentingnya upaya-upaya untuk memitigasi kerusakan lingkungan terutama kehutanan. karena dengan kejadian-kejadian sekarang kita bisa melihat sendiri bagaimana peristiwa-peristiwa alam yang tadinya tidak pernah terjadi boleh terjadi. Cantohnya seperti di Bitung ada banjir bandang dan Tomohon juga pernah terjadi banjir dan di daerah Tataaran banjir. Tempat – tempat itu yang sebelumnya tidak banjir akhirnya bisa terjadi banjir. Ternyata karena antara lain global warming. Global warming asalnya juga kerusakan hutan. Karena isu global seperti ini republik kita juga mengantisipasi apalagi tahun depan kita tuan rumah G21 dan ini merupakan roadmap kita untuk ikut menangani masalah perubahan iklim,” beber Wagub Sulut itu.

“Dengan pelaksanaan HUT Polhut ini, mudah-mudahan ini jadi momentum untuk kita semua kedepan upaya-upaya kita terutama moratorium kerusakan hutan di Sulut lebih optimal,” tandas mantan Ketua DPRD Sulut ini.

Wagub Kandouw pun berharap kepada seluruh stakeholder kehutanan di daerah ini untuk lebih bersinergi.

“Kan yang punya wilayah kab/kota. Pasti Pak Kadishut (JR-red) dan jajaran vertikal kementerian sudah punya roadmap untuk ada koordinasi yang mantap antara instansi vertikal dan maupun horisontal,” pinta orang nomor dua Sulut itu.

Hadir pada kegiatan ini, Pj Sekprov Sulut Asiano Gemmy Kawatu, Kadis Kehutan Sulut Jemmy Ringkuangan dan jajaran Dinas Kehutanan Sulut.

Jakas/*

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini