Victor Mailangkay Kawal Aspirasi Warga Hingga Larut Malam Terkait Pembongkaran Makam Leluhur Keluarga Baginda

0
80
Victor Mailangkay Kawal Aspirasi Warga Hingga Larut Malam Terkait Pembongkaran Makam Leluhur Keluarga Baginda
Victor Mailangkay Kawal Aspirasi Warga Hingga Larut Malam Terkait Pembongkaran Makam Leluhur Keluarga Baginda./sulutimes-edit

SULUTIMES, Sulut — Mengawal aspirasi masyarakat menjadi tugas pokok Wakil Rakyat yang duduk di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) baik RI, Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Konsistensi tupoksi ini pula yang terus ditunjukan Wakil Ketua DPRD Sulut Dr J Victor Mailangkay SH MH.

Buktinya, seperti pada dua bulan yang lalu Kakak Victor sapaan akrabnya saat menggelar reses III dengan mendatangi tempat lokasi Lingkungan 4, Kelurahan Molas, Kecamatan Bunaken untuk menyerap aspirasi dari masyarakat khususnya Keluarga Baginda yang kubur leluhurnya dibongkar tanpa sepengetahuan keluarga pada Kamis, 25 November 2021 waktu lalu.

Diketahui, awal Tahun 2022 Keluarga Baginda menyurat ke Pimpinan DPRD Sulawesi Utara. Pada Senin, 3 Januari 2022 Keluarga Baginda bertemu dengan Ketua DPRD Sulawesi Utara. Hasilnya, pimpinan DPRD akan mengundang yang sejumlah instansi-instansi yang terkait untuk mengadakan Rapat Dengar Pendapat (RDP).

Terwujud, besoknya, Selasa (4/1/2022) diruang serbaguna DPRD Sulut, digelar RDP antara Pimpinan DPRD Sulut, Komisi I dan III, Badan Pertanahan Nasional Manado, Dinas Perkimtan, Kapolres Manado dan Balai Pembangunan Jalan bersama Keluarga Baginda terkait Kubur yang hilang tanpa sepengetahuan keluarga.

Pada RDP yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Sulut Victor Mailangkay hingga larut malam, menjelaskan bahwa ini adalah tugas dari wakil rakyat yang mendengar, mendalami, serta memperjuangkan aspirasi warga sesuai ketentuan yang berlaku.

“Sampai jam berapapun kami siap, Ini adalah tugas kami sebagai wakil rakyat yang mendengar, mendalami, serta memperjuangkan aspirasi warga sesuai ketentuan yang berlaku, terpenting adalah mendapatkan solusi yang terbaik,” ujarnya.

Dalam rapat tersebut Victor Mailangkay sebagai pimpinan sidang Rapat Dengar Pendapat antara Wakil Ketua DPRD Sulut, Komisi I (satu) dan lII tiga) dgn Warga Keluarga Baginda, Badan Pertanahan Nasional Provinsi Sulut & BPN Manado, Dinas Perkimtan Sulut, Kapolresta Manado dan Balai Pembangunan Jalan Sulut, Camat Bunaken dan Lurah Molas mesimpulkan sebagai berikut :

1. DPRD Sulawesi Utara mengawal dan mendukung sepenuhnya upaya hukum yang ditempuh oleh keluarga Baginda terhadap pembuktian kepemilikan tanah yang terletak di lingkungan 4, Kelurahan Molas, Kecamatan Bunaken, Kota Manado yg berada disekitar pembanguan Jalan Boulevard Il.

2. Terhadap kepemilikan lahan yang digunakan untuk pembangunan jalan Boulevard II, harus dibayarkan ganti untung kepada yang berhak terhadap tanah tersebut.

3. Mendukung dan mengawal upaya yang dilakukan oleh keluarga Baginda terhadap Tanah dan Pekuburan agar dilakukan sesuai dengan aturan hukum yang berlaku serta mengikuti proses menurut hukum agama Islam terhadap penataan pekuburan leluhur keluarga Baginda di lokasi Lingkungan 4, Kelurahan Molas, Kecamatan Bunaken, Kota Manado.

4. DPRD Sulawesi Utara akan melakukan kunjungan ke lokasi perkuburan keluarga Baginda untuk melihat secara langsung lokasi perkuburan tersebut.

5. Mengedepankan pendekatan persuasi, simpati dan empati dalam proses pembebasan tanah dan penataan lahan perkuburan disekitar pembangunan Jalan Boulevard II di lokasi Lingkungan 4, Kelurahan Molas, Kecamatan Bunaken, Kota Manado.

6. Semua pihak harus menghormati pekuburan keluarga Baginda di lokasi Lingkungan 4, Kelurahan Molas, Kecamatan Bunaken, Kota Manado.

7. Semua pihak termasuk keluarga Baginda mendukung sepenuhnya pembagunan Boulevard II di lokasi Lingkungan 4, Kelurahan Molas, Kecamatan Bunaken, Kota Manado.

8. Pihak Keluarga Baginda mendukung sepenuhnya dengan memberi diri untuk bekerja di proyek pembangunan jalan Boulevard II.

Demikian beberapa kesepakatan yang menjadi kesimpulan Rapat Dengar Pendapat yang telah dilaksanakan pada hari ini Selasa 4 Jan 2022 mulai Jam 15 30 – 19 20 WITA di ruangan Serbaguna Kantor DPRD Sulut.

Pada kesempatan itu, Victor Mailangkay mengatakan akan tetap terus mengawal aspirasi-aspirasi warga dengan berlandaskan aturan yang berlaku, Mailangkay juga mengapresiasi kepada semua yang hadir dan terkhususnya keluarga Baginda.

“Saya akan tetap terus mengawal aspirasi-aspirasi warga dengan berlandaskan aturan yang berlaku, juga saya mengapresiasi kepada semua Komisi I dan III serta instansi-instansi yang terkait juga Keluarga Baginda, semoga kita tetap terus diberikan kesehatan dan menjadi lebih baik di tahun 2022 ini,” kunci sosok yang telah duduk 5 periode sebagai anggota DPRD Sulut/Manado.

Jakas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here