Victor Mailangkay: Museum Holocaust Mengingatkan Peristiwa Genosida, Saya Dukung!

0
29
Museum Holocaust Mengingatkan Peristiwa Genosida
Museum Holocaust di Tondano Minahasa. Insert: Wakil Ketua DPRD Sulut Victor Mailangkay./sulutimes-edit

SULUTIMES, Sulut – Hadirnya museum Holocaust di Sulawesi Utara yang tepatnya berada di Tondano, Kabupaten Minahasa terus menjadi polemik.

Berbagai tanggapan pro kontra atas kehadiran museum Holocaust di Tondano terus mengudara dilontarkan dari berbagai pihak.

Polemik ini pun mengundang tanggapan Wakil Ketua DPRD Sulut Dr Victor Mailangkay SH MH. Kaka Victor sapaan akrabnya mendukung kehadiran museum Holocaust dengan mengatakan di Negara RI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan yang adil dan beradab.

“Nah, sudah seyogiannya, saya mendukung dibangunnya museum-museum peristiwa genosida oleh WNI seperti museum Holocaust di Tondano Minahasa,” ujarnya kepada sulutimes.com, Jumat (4/2/2022).

Positifnya lanjut Mailangkay, kehadian museum Holocaust tersebut justru menjunjung tinggi sikap semangat toleransi masyarakat yang mengingatkan kita umat manusia kedepan agar tidak terjebak dalam tragedi pembunuhan massal yang berawal dari dipupuknya rasa kebencian dan sikap permusuhan dengan narasi-narasi tertentu yang menonjolkan sikap perbedaan.

“Karenanya dengan diadakannya museum seperti ini, hal itu akan mendorong umat manusia WNI guna menumbuh kembangkan sikap dan perilaku toleransi terhadap sesama manusia dan WNI yang berbeda Suku, Agama, Ras atau Etnis dan perbedaan Golongan dengan kita. Sehingga tragedi kemanusiaan di masa lalu tidak terulang lagi,” terangnya.

“Yang pasti, saya dukung dan dorong diadakannya museum-museum peringatan tragedi kemanusiaan genosida seperti Holocaust, agar tidak terulang lagi di masa depan dengan mengurangi sikap kebencian dan permusuhan yang berbeda secara Suku, Agama, Ras atau Etnis dan perbedaan Golongan dengan tumbuh kembangkan sikap toleransi terhadap perbedaan yang ada. Apa lagi kedepannya bumi nyiur melambai akan mencanangkan Sulut Laboratorium Kerukunan,” tegas Victor Mailangkay, Ketua GM FKPPI Sulut ini.

Sementara itu, seperti sudah diberitakan berbagai media online, Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid mendukung sikap MUI dan berbagai ormas Islam dengan mengkritisi dibukanya Museum Holocaust dan pameran foto Holocaust di Tondano. Sebab, menurutnya, museum tersebut berpotensi menghadirkan keresahan dan kontraproduktif.

“Kami mendukung sikap Ketua MUI Bidang Kerja Sama Luar Negeri dan Hubungan Internasional Prof Dr Sudarnoto Abdul Hakim, yang menuntut ditutupnya pameran foto dan Museum Holocaust di Tondano. Karena museum ini berpotensi menghadirkan keresahan dan kontraproduktif terhadap upaya pembelaan terhadap Palestina yang diperjuangkan oleh pemerintah serta rakyat Indonesia. Juga berpotensi memicu kegaduhan di tengah khalayak publik Indonesia, yang semestinya berkonsentrasi menghadapi gelombang varian Omicron,” tutur Nur Wahid melalui keterangannya, Senin (31/1/2022).

Jakas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini