Jalin Sinergitas, Kakanwil Haris Sukamto “Ba Ron” Temui Petinggi Instansi di Sulut

0
25
Kakanwil Haris Sukamto
Kakanwil Kemenkumham Sulut Haris Sukamto

SULUTIMES, Sulut – Pasca serah terima jabatan dari Kakanwil Kemenkumham Sulut Jonny Simamora, Kamis (31/3/2022) di ruang CJ Rantung Kantor Gubernur Sulut. 

Kakanwil Haris Sukamto "Ba Ron" Temui Petinggi Instansi di Sulut
Sertijab Kakanwil Kemenkumham Sulut dari Jonny Simamora ke Haris Sukamto disaksikan Wagub Sulut Steven Kandouw

Kakanwil Kemenkumham Sulut Haris Sukamto bergerak cepat “Ba Ron” menemui sejumlah petinggi instansi yang ada di Sulut.

Diawali, Senin (4/4/2022), Haris Sukamto menemui Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Tengah Hanarko Djodi di Kantor Bakamla Zona Maritim Tengah, Senin (4/4/2022).

Kakanwil Haris Sukamto "Ba Ron" Temui Petinggi Instansi di Sulut
Kunjungan Kakanwil Kemenkumham Sulut Haris Sukamto dan rombongan ke Bakamla Zona Maritim Tengah

Di hari yang sama, Kakanwil Kemenkumham Sulut Haris Sukamto ditemani Kepala Divisi Administrasi Johnny Pesta Simamora dan Kepala Divisi Pemasyarakatan Kusnali menemui Kapolda Sulut Irjen Pol Mulyanto.

Pada pertemuan ini, Kakanwil Haris Sukamto menyampaikan permohonan bantuan serta dukungan dari jajaran Polda Sulut dalam pelaksanaan tugas dan fungsi Kanwil Kemenkumham di Sulawesi Utara, diantaranya di bidang Pemasyarakatan khusunya dalam bidang penanggulangan peredaran narkoba; untuk bidang keimigrasian terkait WNA; di bidang pelayanan hukum dan HAM terkait Yankomas dan penyelenggara Desa Sadar Hukum; serta di bidang SDM Kanwil Kemenkumham Sulut siap jalin kerja sama untuk menyelenggarakan Pendidikan Kesamaptaan.

Kakanwil Haris Sukamto "Ba Ron" Temui Petinggi Instansi di Sulut
Kunjungan Kakanwil Kemenkumham Sulut Haris Sukamto dan rombongan ke Polda Sulut

“Kami mohon dukungan dari jajaran Polda Sulut dalam penyelenggaraan tugas dan fungsi Kanwil Kemenkumham di Sulawesi Utara,” Ungkap Haris Sukamto.

“Kami siap membantu sesuai tupoksi Kami, Kita sama-sama bekerja sama, Sama-sama mengabdi pada masyarakat, bangsa dan negara,” timbal Irjen Mulyatno.

Keesokan harinya, Selasa (5/4/2022), Kakanwil Haris Sukamto berkunjung ke Lantamal VIII Manado. Dalam pertemuan dengan Danlantamal VIII Manado I Wayan Ariwijaya. Kakanwil Sukamto membeberkan tugas dan fungsi masing-masing divisi yang ada di Kanwil Kemenkumham Sulut.

Kakanwil Haris Sukamto "Ba Ron" Temui Petinggi Instansi di Sulut
Kunjungan Kakanwil Kemenkumham Sulut Haris Sukamto dan rombongan ke Lantamal VIII Manado

Usai itu, Kakanwil Haris Sukamto bersama rombongan diantaranya Kepala Divisi Administrasi Jonny Pesta Simamora, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kusnali, Kepala Divisi Keimigrasian Friece Sumolang serta Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Rudy Pakpahan melaksanakan audiensi ke Kejaksaan Tinggi Sulut. Kunjungan tersebut disambut secara langsung oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Sulut, Edy Birton beserta jajarannya.

Pada kegiatan itu, Haris Sukamto menyampaikan terkait tugas barunya sebagai nahkoda Kanwil Kemenkumham Sulut. Beliau juga berharap adanya kerjasama, komunikasi dan koordinasi yang lebih baik terkait tusi pada Kanwil Kemenkumham Sulut khususnya di bidang Pemasyarakatan dengan SOP yang ada pada Kejaksaan Tinggi Sulut.

Kakanwil Haris Sukamto "Ba Ron" Temui Petinggi Instansi di Sulut
Audiens, Kakanwil Kemenkumham Sulut Haris Sukamto berbincang dengan Kejati Sulut Edy Birton

Kajati Sulut Edy Birton pun menyampaikan siap mendukung Kanwil Kemenkumham Sulut dalam menegakkan hukum khususnya di Sulawesi Utara dan akan terus memerintahkan jajarannya untuk berkoordinasi dalam melaksanakan tugas.

Kunjungan “Ba Ron” selanjutnya, Kakanwil Haris Sukamto mengunjungi Komando Daerah Militer XIII/Merdeka.

Kunjungan ke Kodam XIII/Merdeka, Kakanwil Haris Sukamto dan rombongan disambut langsung oleh Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Alfret Denny D. Tuejeh, Danpomdan XIII/Merdeka Kol CPM Tri Cahyo, Asintel Kodam XIII/Merdeka Kol Kav Kapti H dan Kepala Hukum Kodam/XIII Merdeka Kol CHK Lumbantoruan.

Kakanwil Haris Sukamto "Ba Ron" Temui Petinggi Instansi di Sulut
Kunjungan Kakanwil Kemenkumham Sulut Haris Sukamto dan rombongan ke Kodam XIII/Merdeka

Pada kesempatan tersebut, Kakanwil dan Para Kepala Divisi memperkenalkan diri serta menyampaikan tugas dan fungsi dari kemenkumham Sulut.

“Saya berharap dapat terjalin sinergitas hang baik, khususnya pada Bidang Keamanan menjelang Pemilihan Umum sebagai Tugas dan Fungsi pendaftaran Partai Politik serta berharap kemanan pada wilayah perbatasan baik laut maupun udara,” tutur Sukamto.

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Denny Tuejeh menyambut baik tujuan Kakanwil dalam membangun sinergi ini, dan akan mendukung penuh. Karena tujuan kita sama yaitu menjaga keamanan masyarakat bumi nyiur melambai.

Usai audiensi bersama Pangdam XIII/Merdeka, kunjungan pun dilanjutkan ke Kantor Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulawesi Utara.

Kakanwil Haris Sukamto "Ba Ron" Temui Petinggi Instansi di Sulut
Kunjungan Kakanwil Kemenkumham Sulut Haris Sukamto dan rombongan ke BNNP Sulut

Kedatangan Kakanwil Haris Sukamto disambut langsung Kepala BNNP Sulut Victor Joubert Lasut diruang kerjanya.

Adapun topik pembahasan salah satunya seputar peperangan melawan narkoba (war on drugs).

Tidak sampai disitu saja, dibahas pula terkait permasalahan media yang diharapkan mengadopsi informasi satu pintu. Kepala BNNP dalam kesempatan tersebut mendukung program Kemenkumham yakni Lapas dan Rutan bebas dari Halinar (Handphone, Pungutan Liar dan Narkoba) yang sejalan dengan program BNN yakni Bersinar (Bersih Narkoba). “Kami akan membuat Sulawesi Utara bersinar begitu juga dengan Lapas dan Rutan,” demikian pernyataan Kepala BNNP. Haris Sukamto juga menegaskan bahwa pimpinan akan bertanggungjawab atas kinerja pegawai di Lapas maupun Rutan.

“Kami akan lakukan assesment untuk menjaga integritas pegawai di Lapas/ Rutan yang merupakan pintu utama,” terang Haris Sukamto. Sinergi yang berlangsung antara Kanwil Kemenkumham Sulut dan BNPP Sulut ini diharapkan tidak hanya berlangsung sementara namun dapat terjalin dengan baik seterusnya.

Keesokan harinya, Rabu (6/4/2022), Kakanwil Haris Sukamto berkunjung ke Pengadilan Tinggi Manado.

Kakanwil Haris Sukamto "Ba Ron" Temui Petinggi Instansi di Sulut
Kunjungan Kakanwil Kemenkumham Sulut Haris Sukamto dan rombongan ke Pengadilan Tinggi Manado

Didampingi Kepala Divisi Administrasi Jonny Simamora, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kusnali dan Kepala Divisi Keimigrasian Friece Sumolang, Kakanwil Haris Sukamto diterima langsung Ketua Pengadilan Tinggi Manado Lexsy Mamonto bersama Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Manado Budi Santoso yang menyambut hangat kedatangan rombongan Kanwil Kemenkumham Sulut.

Kunjungan perdana ini adalah tahap awal Kakanwil untuk meningkatkan sinergitas dan silaturahmi antar instansi. Dalam perbincangannya, Haris Sukamto berterima kasih atas ketersediaan waktu dari Ketua Pengadilan Tinggi dan jajaran. Beliau juga mengharapkan dapat menjalin sinergitas yang baik dan dukungan dari Pengadilan Tinggi Manado khususnya pada bidang proses hukum akhir bagi masyarakat yang melanggar hukum.

Selanjutnya, Haris Sukamto menyampaikan untuk kedepan dalam tugas dan fungsi kami (Kemenkumham Sulut) mohon dukungan dari Jajaran Pengadilan Tinggi Manado untuk penegakan hukum yang adil bagi masyarakat Sulawesi Utara.

Sejalan dengan yang dikatakan Kakanwil Kemenkumham Sulut, Lexsy Mamonto menyampaikan bahwa Pengadilan Tinggi dan jajaran siap mendukung dan bersinergi dengan Kanwil Kemenkumham Sulawesi Utara. Diakhir pertemuan, Ketua Pengadilan Tinggi mengucapkan selamat bertugas kepada Kepala Kantor Wilayah dan Para Kepala Divisi yang baru bergabung di Sulawesi Utara.

Usai berkunjung ke Pengadilan Tinggi Manado, Kakanwil Haris Sukamto dan rombongan berkunjung ke Ombudsman Perwakilan Sulut.

Kakanwil Haris Sukamto "Ba Ron" Temui Petinggi Instansi di Sulut
Kunjungan Kakanwil Kemenkumham Sulut Haris Sukamto dan rombongan ke Ombudsman Perwakilan Sulut

Kunjungan tersebut disambut langsung oleh Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sulut Meilany F Limpar. Adapun pembahasan yang dibicarakan antara lain terkait peningkatan kualitas pelayanan publik pada Kanwil Kemenkumham Sulut beserta seluruh Unit Pelaksana Teknis dibawahnya baik Imigrasi maupun Pemasyarakatan. Haris Menjelaskan saat ini Kanwil sedang berbenah khususnya dalam pemenuhan fasilitas umum bagi masyarakat yang membutuhkan layanan.

“Kami saat ini sedang berbenah dalam memberikan pelayanan publik yang nyaman dan ramah HAM kepada masyarakat, ruang pelayanan sedang kami benahi, terlebih pelayanan yang bebas dari Korupsi dan Pungli juga kami akan tanamkan,” ujar Haris.

Dalam audiensinya, Kakanwil didampingi Kepala Divisi Pemasyarakatan Kusnali serta Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Rudy Pakpahan.

Kepala Ombudsman Sulut menyambut baik hal tersebut, “Kami dan jajaran siap membantu pengawasan dalam pelayanan yang diberikan Kanwil Sulut beserta seluruh Unit Pelaksana Teknis, karena hal tersebut merupakan tugas dari Ombudsman,” ujarnya. Beliau juga mengapresiasi sistem pelayanan yang telah dilakukan oleh UPT Kanwil Sulut yaitu Kantor Imigrasi Kelas I TPI Manado, Pelayanannya sudah sangat baik jelasnya kepada tim humas.

Kakanwil Haris Sukamto "Ba Ron" Temui Petinggi Instansi di Sulut
Kakanwil Kemenkumham Sulut Haris Sukamto

Hasil “Ba Ron” tersebut dikatakan Haris Sukamto antara lain dalam rangka silahturahmi dan perkenalan dirinya yang baru saja menempati jabatan Kakanwil Kemenkumham Sulut.

“Selain silahturahmi dan perkenalan diri, intinya demi penguatan koordinasi dan sinergitas dalam pelaksanaan tugas dan fungsi antar instansi,” terang Sukamto.

Jakas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here