Kakanwil Haris Sukamto Pantau dan Sidak Instansi Lingkup Kemenkumham Sulut

0
33
Kakanwil Haris Sukamto Pantau dan Sidak Instansi Lingkup Kemenkumham Sulut
Kakanwil Haris Sukamto Pantau dan Sidak Instansi Lingkup Kemenkumham Sulut

SULUTIMES, Sulut – Pasca menduduki Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulut, Haris Sukamto langsung meninjau dan melakukan sidak ke sejumlah instansi lingkup Kemenkumham Sulut. 

Mengawali tugasnya, Kakanwil Kemenkumham Sulut Haris Sukamto, Sabtu (2/4/2022) memantau Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Tuminting Manado dan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIA Malendeng Manado, terkait kesiapsiagaan petugas dalam menyambut Bulan Suci Ramadan tahun ini.

Setiba di Lapas dan Rutan, Kakanwil langsung melakukan perbincangan ringan dengan Petugas Pintu Utama yang bertugas dimalam itu, selanjutnya menyambangi beberapa lokasi Lapas/Rutan.

Kakanwil Haris Sukamto Pantau dan Sidak Instansi Lingkup Kemenkumham Sulut
Kakanwil Kemenkumham Sulut Haris Sukamto saat memantau ketersediaan makanan di dapur Lapas Kelas IIA Tuminting, Manado

“Kunjungan ini sengaja dilakukan untuk mengecek keadaan Lapas/Rutan di hari pertama pelaksanaan Tarawih, serta memantau kualitas makanan yang diberikan kepada Warga Binaan pada saat sahur nanti,” ucapnya di sela-sela pemantauan.

Kakanwil Haris Sukamto memastikan agar bahan makanan bagi para WBP terpenuhi dengan cukup, baik kuantitasnya maupun kualitasnya, sehingga bisa melaksanakan Ibadah Puasa dengan baik, begitu pula dengan warga binaan lainnya yang tidak berpuasa.

“Makanan merupakan salah satu hal yang paling vital pada manusia, sehingga diharapkan dengan terpenuhinya bahan makanan yang baik dapat mencegah gangguan keamanan dan ketertiban,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kakanwil juga mengingatkan agar seluruh petugas dapat melakukan langkah antisipasi dan mitigasi terhadap gangguan kamtib, karena menurutnya pada bulan ramadan, Lapas/Rutan memiliki potensi kerawanan tinggi. “Saya ingatkan petugas agar meningkatkan kewaspadaan serta meningkatkan kontrol guna mendeteksi gangguan kamtib sejak dini,” tegas Sukamto.

Kakanwil Haris Sukamto Pantau dan Sidak Instansi Lingkup Kemenkumham Sulut
Kakanwil Kemenkumham Sulut Haris Sukamto saat sidak di Rupbasan Manado

Selang beberapa hari kemudian tepatnya, Rabu (6/4/2022) Kakanwil Haris Sukamto didampingi Kepala Divisi Administrasi Jonny Simamora serta Kepala Divisi Pemasyarakatan Kusnali melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Kelas I Manado.

Tiba, Kakanwil Haris Sukamto dan rombongan disambut langsung Kepala Rupbasan Manado Abdu Tilaar. Di sini, Kakanwil langsung meninjau sarana prasarana pada Rupbasan Manado.

Usai tinjauan, kepada jajaran Rupbasan Manado, Kakanwil Haris Sukamto berpesan agar tempat penyimpanan benda sitaan dan barang rampasan diperhatikan keamanannya. Beliau juga berpesan untuk benda sitaan dan barang rampasan ini agar selalu dirawat sebagaimana mestinya.

“Rupbasan Manado harus berbenah supaya kantor terlihat rapi dan nyaman untuk bekerja,” tegasnya sembari mengingatkan pihak Rupbasan Manado untuk melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait apabila barang rampasan yang sudah inkrah agar segera diambil sesuai dengan SOP dan aturan yang ada.

Jakas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini