Mari Jo Bakobong, Gubernur Olly Dondokambey Canangkan Penanaman Jagung dan Holtikultura di Bolmong

0
28
Mari Jo Bakobong, Gubernur Olly Dondokambey Canangkan Penanaman Jagung dan Holtikultura di Bolmong
Mari Jo Bakobong, Gubernur Olly Dondokambey Canangkan Penanaman Jagung dan Holtikultura di Bolmong./sulutimes-edit

SULUTIMES, Sulut – Sektor pertanian yang menjadi kekuatan ekonomi di Sulawesi Utara (Sulut) secara konsisten diserukan Gubernur Sulut Olly Dondokambey.

Dalam setiap kunjungan ke 15 kabupaten/kota, Gubernur Olly Dondokambey mengajak dan menggerakkan kepala daerah untuk memberikan perhatian pada pertanian. Salah satunya, dengan program unggulan yang menjadi fokus di pemerintahan saat ini, yakni Mari Jo Bakobong.

Program tersebut, disambut antusias Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong). Karena pertanian yang kuat, maka kontribusinya akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi.

Faktanya, Sulut tetap bertahan di tengah badai pandemi Covid-19, karena mengandalkan produktivitas pertanian.

Gubernur Olly, pada kesempatan itu, menyampaikan program unggulan pertanian, berhasil menekan angka inflasi daerah. Bahkan mampu menurunkan angka kemiskinan.

“Karena setiap luasan lahan pertanian maupun perkebunan, dapat dimanfaatkan secara optimal. Keterlibatan seluruh masyarakat, akan sangat menentukan,” ungkap Olly saat melakukan pencanangan penanaman jagung dan tanaman holtikultura di Desa Tungoi, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolmong, Senin 19 Juni 2023.

Tanah yang ada di Bumi Nyiur Melambai, sebut Olly sangat subur. Sehingga disayangkan jika tidak dimanfaatkan dengan optimal.

“Optimalkan dan manfaatkan lahan-lahan yang kosong, demi ketahanan pangan maupun perekonomian di masa sekarang maupun di waktu mendatang,” sebut Olly.

Program Mari Jo Bakobong, katanya, merupakan tindak lanjut atas program pemerintah pusat Mari Menanam yang digencarkan Presiden RI Joko Widodo. Tujuannya untuk menjaga kedaulatan pangan Indonesia.

Ia juga mengajak semua pihak untuk terus meningkatkan sektor pertanian yang ada di Kabupaten Bolmong dengan program Mari Jo Bakobong.

“Pencanangan Mari Jo Bakobong, melalui penanaman jagung dan tanaman hortikultura, akan mendorong peningkatan ekonomi masyarakat. Bahkan akan menjadikan daerah memiliki kedaulatan pangan yang terjaga,” ucapnya.

Penjabat Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit, menyampaikan Mari Jo Bakobong, yang dalam bahasa daerah disebut dengan Igai Mononggoba, merupakan bentuk ajakan pemerintah kepada masyarakat untuk rajin menanam. Sekaligus juga merupakan respon positif atas instruksi Presiden Joko Widodo dan ajakan Gubernur Sulut untuk menjaga kedaulatan pangan.

“Sektor pertanian merupakan strategi dan prioritas utama bagi kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bolmong,” kata Mokodompit.

Limi pun mengajak seluruh masyarakat Bolmong, untuk memperkuat ketahanan pangan, antara lain dengan mengolah dan memanfaatkan lahan tidur yang ada.

“Kehadiran Pak Gubernur Olly Dondokambey di tengah-tengah kita saat ini, untuk memberikan semangat baru serta harapan baru, agar ekonomi masyarakat di Kabupaten Bolmong berjalan dengan baik,” serunya.

Pencanangan ditandai dengan penanaman bibit jagung oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey, bersama Penjabat Bupati Bolmong Limi Mokodompit, Sekda Tahlis Gallang dan Ketua DPRD Bolmong.

Jakas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini