Bupati Joune Ganda Satu-satunya KaDa di Indonesia Tampil sebagai Pembicara di 6th APEC

0
13
Bupati Joune Ganda Satu-satunya KaDa di Indonesia Tampil sebagai Pembicara di 6th APEC
Bupati Joune Ganda Satu-satunya KaDa di Indonesia Tampil sebagai Pembicara di 6th APEC./sulutimes-edit

SULUTIMES, Minut – Bupati Minahasa Utara Joune Ganda SE menjadi satu-satunya Kepala Daerah dari Indonesia menjadi pembicara pada Sustainable Energy Center (APSEC) pada Jumat (9/12/2021) lalu.

Diawali dengan pembicara oleh Presiden APSEC Li Zhu, pada 6th APEC Workshop Sustainable Cities.

Dikesempatan ini, Bupati Minut Joune Ganda mengangkat Transisi Energi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang yang juga sebagai Destinasi Wisata Super Prioritas dari 5 (lima) daerah yang dipilih oleh presiden Joko Widodo.

Bersama sejumlah kepada daerah dari negara se-kawasan Asia-Pasifik, akademisi, dan para pengambil keputusan, Bupati Joune Ganda mengambil kesempatan ini untuk memperkenalkan kawasan Sulawesi Utara lebih khusus Likupang sebagai kawasan perlindungan Wallace Line. Yakni garis yang memisahkan kekayaan keberagaman hewan dan tumbuhan yang benar-benar terpisah dari belahan dunia lainnya.

“Bersama dengan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, kami akan membangun Wallace Conservation Center, Cultural Village dan Marine Tourism Park di kawasan ini,” ujar Ganda.

“Tentunya berdasarkan masterplan KEK Likupang dan DSP Likupang, pembangunan ini serta akhir dari pembangunan membutuhkan energi listrik yang tidak sedikit. Untuk itu saya sangat berterima kasih kepada APEC melalui APEC Sustainable Energy Center yang bersedia membantu kami di Minahasa Utara dalam transisi energi di kawasan ini, tanpa mengesampingkan kelestarian lingkungan dan alamnya, tentunya dengan mengupayakan semaksimal mungkin energi terbarukan yang merupakan aset negara pemberian Tuhan yang Maha Kuasa,” ulas Bupati Joune.

Sementara itu, Kepala Bappeda Provinsi Sulut Jenny Karouw pada opening remarks mewakili Gubernur Sulut Olly Dondokambey menyampaikan kerjasama Kabupaten Minahasa Utara bersama APEC melalui APSEC akan terus berlanjut pada bantuan teknologi dan shareing best practice.

Sementara itu, Direktur Politeknik Negeri Manado Maryke Alelo sangat berterima kasih kepada Bupati Minut Joune Ganda atas respon dan antusiasme untuk turut serta dalam kegiatan ini serta siap bekerjasama, karena agenda 6th APEC Workshop on Sustainable Cities, di Tianjin, China kali ini Politeknik Negeri Manado merupakan co-organized bersama APSEC dan CNSC (Cooperative Network of Sustainable Urban Energy).

Disisi lain, Politeknik Negeri Manado juga telah menandatangani MoU bersama Kabupaten Minahasa Utara dalam kerjasama Application to Sustainable Urban Energy bertajuk Green Finance for Sustainable Urban Energy.

Adapun Kabupaten Minahasa Utara menjadi satu-satunya daerah di Indonesia yang di-support oleh APSEC. “Karena memiliki potensi yang luar biasa, serta kepala daerah Bapak Joune Ganda yang memiliki semangat juang yang tinggi dalam mewujudkan Kawasan Ekonomi Khusus serta Destinasi Wisata Super Prioritas,” ujar Advisory Board Member APSEC dari Indonesia Henriette J Roeroe.

Nando

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here