Pembangunan Bendungan Lolak Rampung Desember 2021 Ini

0
31

 

SULUTIMES, Bolmong – Setelah mulai dibangun oleh PT. Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk. sejak 2015 silam. Proyek pembangunan Bendungan Lolak, di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Sulawesi Utara (Sulut) diperkirakan bakal tuntas di akhir Desember 2021 ini. 

Site Operation Manager PT. PP Bendungan Lolak Carto Andriyanto menjelaskan. bahwa untuk tahun ini bendungan yang akan rampung dikerjakan dan mulai beroperasi salah satunya Bendungan Lolak.

“Sampai dengan secara Nasional ada 14 Bendungan besar yang dibangun Pemerintah. dan untuk tahun ini, direncanakan bendungan yang akan rampung dan mulai beroperasi adalah Bendungan,” ujar Carto, Senin (25/10/2021).

 

Menurutnya. Bendungan Lolak memiliki luas area genangan 97,46 hektare dengan kapasitas tampung mencapai 16,1 juta meter kubik. Saat beroperasi akan memasok air irigasi seluas 2.214 hektare, mendukung penyediaan air baku 500 liter/detik, pariwisata, konservasi air dan memiliki potensi tenaga listrik 2,43 megawatt.

“Dengan adanya Bendungan Lolak, diharapkan dapat memenuhi kontinuitas suplai air irigasi terutama pada musim kemarau yang selalu kekeringan dan penyediaan kebutuhan air bersih bagi masyarakat,” sebut Carto.

 

Dia menjelaskan kalau bendungan Lolak merupakan salah satu dari 13 bendungan baru yang kontrak pembangunannya ditanda tangani pada 2015.

“Kontrak pembangunan Bendungan Lolak dibagi menjadi dua yakni Proyek Bendungan Lolak senilai Rp830 miliar secara tahun jamak tahun 2015—2019 dengan kontraktor PT.PP,” jelasnya lagi

 

Carto juga menambahkam Terjadi perubahan desain konstruksi bendungan sehingga dilakukan kontrak proyek Bendungan Lolak Paket II senilai Rp821 miliar dengan kontraktor PT PP (Persero) Tbk, dengan kontrak tahun jamak 2017—2021.

“Dengan begitu, untuk fisik induk akan kita rampungkan tahun ini,” pungkaanya.

(ADR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini