PT.PP Menggunakan Alat Extenzometer Untuk Deteksi Dini Longsor Pada Pembangunan Bendungan Lolak

0
24

SULUTIMES, Bolmong – Untuk menjamin  konstruksi Bendungan Lolak di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Sulawesi Utara (Sulut). PT Pembangunana Perumahan (PP) banyak mengunakan peralatan cangih. satu diantaranya alat pendeteksi Longsor yakni Extenzometer.

 

Site Operation Manager PT. PP Bendungan Lolak Carto Andriyanto mengatakan. sebagai Negara yang cukup banyak memiliki dataran tinggi/pegunungan,wilayah Indonesia masuk kategori rawan sekali terjadi bencana tanah longsor. maka dari itu pada kegiatan pembangunan konstrusi Bendungan Lolak digunakan alat pendetekai Longsor.

“Ektensometer adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk mendeteksi besar kecil pergeseran permukaan tanah. Ektensometer berfungsi sebagai alat pendeteksi dan pengukur adanya pergerakan ataupun pergeseran permukaan tanah dalam orde millimeter,”  terang Carto. Kamis (28/10/2021)

 

Meski begitu dirinya menilai kalau Bendungan Lolak cukup aman, karena selain peralatan cangih. ada banyak para ahli entah itu Geologi maupun Konstruksi juga turut dilibatkan.

“Sistim keaman yang diterapkan, sudah cukup ketat dibawa pengawasan para ahli dibidangnya masing-masing,” pungkaanya.

(ADR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini