Kanwil Kemenkumham Sulut dan Disnaker Bolmong Dalami Aduan Eks Karyawan PT Conch Di PHK Tanpa Ada Pesangon

0
273
Kebid Ham Kanwil Kemenkum Ham Sulut Reba Paputungan saat menyambangi Disnaker Bolmong

SULUTIMES, Bolmong – Kantor Wilayah Kementeriam Hukum Dan Ham (Kemenkumham) Sulawesi Utara (SULUT) dan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) dalami aduan Eks Karyawan PT Conch North Sulawesi Cemen (CNSC) atau PT CONCH yang jadi Korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) kemudian tidak di bayarkan pesangon.

Sebagaimana pantauan Wartawan Sulutimes.com. Nampak Sejumlah pejabat Kantor Kemenkumham Sulut yakni Kepala Bidang HAM Reba Paputungan, SIP, M,Si dan rombongan menyambangi Disnaker Bolmong kemudian melakukan audiens bersama eks Kariawan PT Conch. Jum’at (05/11/2021)

Suasana audiens dengan Eks Kariawan PT Conch di ruang pertemuan Disnaker Bolmong

Situasi pertemuanpun berubah haru manakala 5 orang Eks karyawan PT Conch yang turut didampingi sejumlah personil LSM Garputala hadir pada audiens tersebut mulai mencurahkan permasalahan tindakan PHK dengan berbagai macam alasan. mulai dari ketidak disiplinan Karantina dimasa pandemi, hingga dirumahkan akibat kecelakaan kerja di lingkungan Perusahaan.

“Kita relah diberhentikan. namun harusnya hal itu di ikuti dengan pembayaran Pesangon,” ungkap Sap Paputungan.

 

Karyawan yang sudah bekerja selama 6 tahun di perusahaan milik Negara Tiongkok ini mengaku setelah diminta pulang dirinya diminta untuk membuat surat pengunduran diri, dengan diimingi agar boleh melakukan klaim BPJS tenaga kerja.

“Kita menuntut pesangon kita untuk dibayarkan,” tambahnya lagi.

 

Senada disampaikan Eks Karyawan PT Conch lainya Arman Sondang. pihaknya dengan terpaksa mengaduh ke Disnaker dan Kemenkumham karena dirinya merasa terzholimi, dimana dirinya dirumahkan setelah mengalami sakit akibat dari kecelakaan kerja di lingkungan Perusahaan.

“Katanya dirumahkan, namun satu bulan kemudian setelah di konfirmasi ke pihak HRD (yang membawahi karyawan), bukanya mendapat kabar baik namun saya sudah di PHK,” tutur Arman.

 

Menanggapi hal tersebut Kabid Ham Kantor Kemenkumham Sulut Reba Paputungan, SIP, M,Si. kedatanganya tak lain adalah untuk menindak lanjuti adanya aduan dari Eks Karyawan PT Conch. yang disampaikan kepadanya beberapa waktu lalu melalui surat aduan resmi.

“Masih akan kita dalami dulu apakah ada pelanggaran Ham terkait dengan peristiwa PHK ini. sehingga dengan demikian kitapun tetap melakukan koordinasi dengan Disnaker Bolmong,” sebut Paputungan.

 

Sementara itu, Kadisnaker Bolmong Dedi Mokodongan, SH mengatakan kalau pihaknya akan bersama sama dengan Kemenkumham akan menela’a adanya laporan dari Eks Kariawan PT Conch. dan untuk keberimbangan informasi tentu perusahaan yang bersangkutan akan dia panggil untuk mengetahui lebih lanjut duduk persoalannya.

“Setelah adan informasi dari masing-masing, tidak menutup kemungkinan kedua bela pihak akan di Konfrontir (Pertemukan) dimediasi untuk mencari jalan keluarnya,” sebut Mokodongan.

 

Terpisah pihak PT Conch saat coba di konfirmasi melalui HRD nya yakni Tesya Makalunsenge di nomor 0822-1009-XXXX begitu sulit dihubungi entah itu melalui sambungan telfon maupun pesan singkat meski dalam kondisi aktif.

(ADR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini