Kanwil Kemenkumham Sulut Datangi PT Conch Terkait Aduan Eks Karyawan Yang Di PHK

0
199
Tim Kemenkumham yang dipimpin Kabid Ham Reba Paputungan,SIP, M.Si saat tiba di PT Conch

SULUTIMES, Bolmong – Kantor Kementeriam Hukum Dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Utara (Sulut) dipimpin langsung Kepala Bidang Ham Reba Paputungan, SIP, M.Si mendatangi Kantor PT Conch North Sulawesi Cemen (CNSC). Jum’at (05/11/2021).

Tim Kemenkumham saat berdiskusi dengan HRD PT Conch

Kehadiran Tim Kantor Kemenkumham tersebut tak lain adalah untuk menindak lanjuti aduan sejumlah eks Karyawan PT Conch yang di PHK yang kemudian tidak disertai dengan pembayaran Pesangon sebagaimana di atur dalam undang-undang Ketenaga kerjaan serta Dalam PP Nomor 35 Tahun 2021 mengatur mengenai besaran nilai uang pesangon, uang penghargaan masa kerja dan uang penggantian hak sesuai dengan alasan PHK yang juga sudah disebutkan dalam PP tersebut.

 

Sebagaimana pantauan Waratawan Sulutimes.com. rombongan Kemenkumham nampak disambut oleh HRD PT Conch Tesya Mokodompit dan Nelly.

 

Dalam pertemuan tersebut pihak Kemenkumham pun mempertanyakan terkait kebenaran adanya tindakan PT Conch yang melakukan PHK tanpa adanya pembayaran Pesangon kepada Eks Karyawannya.

 

Tak sampai disitu saja, Kabid Ham Reba Paputungan juga mempertanyakan soal motivasi pihak Perusahaan asal Tiongkok tersebut yang meminta surat Resign (Berhenti) dari eks Kariawan.

 

“Kita berharap PT Conch mau membuka diri kemudian boleh duduk bersama, dan mau mepertimbangkan untuk memenuhi Hak para tenaga kerja yang masih warha lingkar tambang tersebut,” sebut Paputungan.

 

Sementara itu, PT Conch melalui HRD Tasya mengatakan kalau tidakan PHK secara sepihak kepada sejumlah Karyawanya itu dikarenakan adanya pelanggaran Peraturan Perusahaan yang dilangar.

Meski begitu dirinya mengatakan akan menunggu arahan Dinas terkait dalam hal ini Dinas Ketenaga Kerjaan.

“Dengan tidak mengabaikan arahan dari Instansi terkait, tentu semua masukan akn menjadi catatan dan pertimbangan PT Conch untuk di tindak lanjuti,” tutup Tesya.

(ADR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here