Sekda Bolmong Sebut Bendungan Lolak Memiliki Banyak Potensi Ekonomi

0
3
Sekda Bolmong Tahlis Galang SIP

SULUTIMES, Bolmong – Pembangun Bendungan Lolak, di Kecamatan Lolak, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) diperkirakan akan rampung pada akhir tahun 2021 ini. bagunan mega proyek dari kementerian PUPR itupun diperkirakan dapat mendorong peningkatan ekonomi Warga sekitar.

 

Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong Tahlis Galang SIP mengatakan Air yang besumber dari Bendungan Lolak memiliki banyak potensi baik itu untuk sektor pertanian, perikanan air tawar, sumber energi listri maupun pariwisata.

“Keberadaan bendungan lolak dapat mendorong pergerakan sumber-sumber ekonomi warga bukan hanya di wilayah Kecamatan Lolak akan tetapi Bolmong secara umum,” kata Tahlis. selasa (26/11/2021).

 

Menurutnya harus diakui bahwa Bendungan Lolak merupakan aset Negara dengan nilai terbesar yang ada ditegah wilayah kekuasaanya yang juga pusat Ibukota Kabupaten.

“Dengan nilai diatas angka 1,4 Triliun tentu waduk menjadi waduk ini menjadi satu-satunya bagunan megah tidak hanya di Bolmong, bahkan di Sulut,” sebutnya lagi.

 

Ia juga berharap dengan adanya Bendungan Lolak, kehidupan masyarakat Lolak terlebih khusus Desa Pindol dan sekitarnya akan meningkat secara ekonomi, serta memberikan manfaat seluas-luasnya bagi masyarakat Sulaweai Utara.

“Bendungan ini bisa menjadi salah satu sumber pendapatan masyarakat yang harus dijaga bersama,” tambah Tahlis.

 

Sementara itu Site Operation Manajer PT PP Proyek Bendungan Lolak Carto Andriyanto menjelaskan, Bendungan ini memiliki luas area genangan 97,46 hektar dengan kapasitas tampung mencapai 16,1 juta meter kubik.

“Saat beroperasi akan memasok air irigasi seluas 2.214 hektar, mendukung penyediaan air baku 500 liter/detik, pariwisata, konservasi air dan memiliki potensi tenaga listrik 2,43 megawatt,” kata Dia

Ditambahkanya lagi kalau dibangunnya Bendungan ini, karena memiliki banyak manfaat. Salah satunya pemenuhan kontinuitas suplai air  irigasi  terutama  pada  musim  kemarau  yang  selalu  kekeringan dan  penyediaan  kebutuhan  air  bersih  bagi  masyarakat.

“Proyek Bendungan Lolak dibagi menjadi dua. Paket I dikerjakan PT. Pembangunan Perumahan (PP) (Persero) Tbk Paket II dikerjakan PT. PP -APL KSO,” pungkasnya.(ADR)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here