Adik Kandung Bupati Bolmong Pecat Cleaning Service di Rudis Hingga Tak Dibayar Gaji

0
115
Rudis Bupati Bolmong.(sulutimes)

SULUTIMES, Bolmong – Malang dialami sejumlah tenaga cleaning service Rumah Dinas (Rudis) Bupati Bolaang Mongondouw (Bolmong) yang mengaku dipecat oleh adik kandung Bupati Bolmong yakni ASM alias Alid.

Parahnya lagi, setelah diberhentikan secara tidak hormat, diduga hak para pekerja berupa sisa gaji yang belum terbayar selama satu bulan, juga masih ditahan dan tidak diserahkan.

Hal ini diungkapkan empat orang dari enam cleaning service di Rudis Bupati Bolmong kepada wartawan sulutimes.com, Kamis (5/9/2019).

Diceritakan mereka, saat sedang beraktivitas sebagaimana biasanya, tiba-tiba saja adik kandung Bupati Bolmong ASM mendekati sejumlah tenaga kebersihan Rudis itu, kemudian mengucapkan kalimat pemecatan dengan nada keras.

“Dari bahasa yang disampaikan ibu Alid itu menyusul informasi dari Bagian Umum bahwa kami sudah diberhentikan,” ucap Elvi Paputungan yang juga diaminkan tiga rekannya yang lain.

Lanjut menurut Elvi, mereka sempat dituding tidak maksimal dalam menjalankan tugasnya sebagai tenaga kebersihan.

“Untuk setiap saat menjamin kebersihan Rudis memang sedikit ada kesulitan, mengingat ada sejumlah bagian Rudis masih sementara dalam perbaikan oleh tukang. Sehingga kegiatan bersih-bersih itu dibagi tiga waktu pada pagi hari, siang dan sore,” terangnya lagi.

Lebih menderang, Elvi menduga kalau pemecatan terhadap mereka itu ada kaitan dengan pihaknya yang sering mempertanyakan gajinya satu bulan terakhir yang tak kunjung dibayarkan.

“Kami ini orang susah, dan bagi kami angka Rp,500,000 perbulannya itu, sangat berharga bagi kami untuk mencukupi kebutuhan harian,” tegasnya lagi.

Senada juga disampaikan Paulina Mamonto di mana pekerjaannya sebagai cleaning service adalah bagian dari upaya untuk menyambung hidup, apa lagi saat ini dirinya juga sedang membiayai anaknya yang sedang duduk di bangku perkuliahan.

“Setelah ini kami bingung, harus bekerja dimana lagi,” keluh Ibu Rumah tangga yang kini harus berjuang sendiri demi membiayai kehidupan keluarganya sepeninggalan suaminya belasan tahun silam.

Secara terpisah, Kepala Bagian Umum Pemkab Bolmong Sugi Banteng saat coba dikonfirmasi terkait kebenaran hal ini memang tidak banyak memberikan bantahan.

Sebab menurutnya, sebelum ada permintaan dari ASM untuk meminta memberhentikan cleaning service yang ada di Rudis, Yasti Suprejo Mokoagow sendiri selaku Bupati pernah memintanya untuk mengevaluasi para tenaga kebersihan itu.

“Kalau dari penilaian kinerja memang tidak ada alasan bagi kita untuk mempertahankan para cleaning service yang ada. Sehingga dengan berat hati terpaksa kita memberhentikan mereka,” ucap Sugi.

Sementara terkait gaji yang belum dibayarkan, Sugi menjelaskan kalau dirinya akan segera mengkoordinasikan dengan bawahannya yang memang mengurusi gaji pegawai.

“Saya belum tahu persisi soal itu, nanti akan saya cek dulu kepada bawahan. Jika memang belum terbayar maka akan segera diselesaikan,” pungkasnya.

 

Adri Paputungan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini