Tradisi Mapalus OSKAR Tetap Lestari di Desa Sawangan

0
282
Mapalus Oskar yang dilakukan penanggung desa Sawangan.(ist)

SULUTIMES, Minahasa – Beberapa bahkan berpuluh tahun belakangan, di desa-desa Minahasa yang sangat mengedepankan sifat kebersamaan/gotong royong atau lebih dikenal dengan tradisi Mapalus “angka rumah” mulai jarang terlihat. 

Namun, tradisi mapalus ini masih kuat dan hingga kini masih dipertahankan bahkan dilaksankanan secara reguler para penduduk desa Sawangan Kecamatan Kembes Kabupaten Minahasa.

Buktinya, Mapalus OSKAR (Orang Sawangan Kuat Angka Rumah) begitu sebutan desa yang telah melahirkan salah satu pemimpin Sulut, Gubernur Olly Dondokambey dan pemimpin Minahasa, Wakil Bupati Robby Dondokambey, terus menjaganya.

Dijelaskan Hukum Tua Like Kapoh melalui Maweteng Jaga II Desa Sawangan Meyni Ransun bahwa dalam bulan oktober 2018 ini, sudah ada 3 rumah pindah lokasi dengan cara gotong royong angkat rumah.

“Beberapa tahun belakang memang sudah jarang, karena Mapalus Oskar ini tergantung permintaan dari tuan rumah. Nah.. untuk bulan oktober ini sudah ada tiga rumah yang telah dipindahkan secara gotong royong oleh penanggung desa Sawangan. Terakhir rumah milik bapak Jemmi Waleleng,” terang Ransun, Minggu (28/10/2018).

Sementara itu salah satu penduduk desa Sawangan Martha Ekram di status media sosial (facebook,red) mengapresiasi kerjasama penduduk desa Sawangan ini.

“OSKAR, artinya orang sawangan kuat angka rumah,,,,,,,Salah satu adat istiadat dan merupakan salah satu sifat gotong royong sejak jaman dahulu kala dan cara seperti ini hampir punah. Mari kita kembangkan kembali sifat tolong menolong, gotong royong, ringankan beban, bagi tiap orang yang membutuhkannya,” tulis Ekram dalam akun facebooknya.

 

Jakas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here