Sinergitas, Diskominfo Hadirkan Tiga Layanan Program PDIP Sulut Hebat Percepat Pembangunan Digitalisasi

0
95
Diskominfo Hadirkan Tiga Layanan Program PDIP Sulut Hebat Percepat Pembangunan Digitalisasi
Sinergitas, Diskominfo Hadirkan Tiga Layanan Program PDIP Sulut Hebat Percepat Pembangunan Digitalisasi./sulutimes-edit

SULUTIMES, Sulut – Salah satu tekad Pemerintahan Provinsi Sulawesi Utara (Pemprov Sulut) yang dikomandoi Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw (OD-SK) yaitu percepatan pembangunan digitalisasi.

Menindaklanjutinya, Pemprov Sulut melalui Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (DKIPS) menghadirkan tiga layanan program PDIP Sulut Hebat.

Tiga layanan tersebut, yakni pertama, Pembangunan Digitalisasi Informasi Pemerintahan (PDIP) yang mencakup sinergitas, integrasi layanan pemerintah provinsi, kabupaten/kota, kecamatan dan desa kelurahan.

Kedua, Pembangunan Digitalisasi Informasi Pedesaan (PDIP) yang mencakup sinergitas, integrasi layanan pemerintah desa, kecamatan, kabupaten/kota dan provinsi.

Ketiga, Pembangunan Digitalisasi Informasi Perkotaan (PDIP) yang mencakup sinergitas, integrasi layanan pemerintah kelurahan, kecamatan dan provinsi.

Hal ini diungkapkan Kadis Kominfo Sulut Steven Liow saat menggelar rapat bersama seluruh Kadis se-Sulut di ruang rapat DKIPS Sulut, Selasa (11/1/2022).

“Dengan Program PDIP Sulut Hebat masyarakat akan dapat melayani teknologi digitalisasi yang didukung 5 kebutuhan pelayanan masyarakat,” tuturnya.

Liow menjelaskan, lima kebutuhan pelayanan masyarakat yakni pertama, sebagai media informatif. Kedua, media interaktif. Ketiga, media transaksi. Keempat, media transformatif dan kelima, media sinkronisasi kebijakan.

“Adapun tujuan program PDIP Sulut Hebat melingkupi sinergitas, integrasi layanan Pemprov Sulut, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa/kelurahan,” jelasnya.

“Ini juga dalam rangka menyukseskan Konferensi G20, IYD (Organisasi Indonesia Youth Diplomacy) akan mengadakan Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT Y20 yang akan diselenggarakan pada 17 sampai 24 Juli 2022 mendatang,” urai Liow mantan Kaban Kesbangpol Sulut ini.

Ditambahkan Steven Liow, program Pembangunan Digitalisasi Informasi Pemerintahan dimulai dari Kabupaten Minahasa Utara dan sesuai rencana mulai pekan depan.

“Pada hari yang sama akan diresmikan Pembangunan Digitalisasi Informasi Pedesaan di Minahasa, di Kecamatan Tombariri. Tombariri Timur jadi lokus pembangunan transformasi Digitalisasi Informasi Pedesaan. Sementara, Kota Manado dijadikan lokus transformasi digitalisasi informasi Perkotaan. Di Manado sudah ada beberapa kelurahan yang disiapkan,” tambah Liow.

Transformasi digitalisasi pembangunan informasi pedesaan akan dibangun usaha internet dikelola BUMDes (Badan Usaha Milik Desa).

“Selain dana bersumber dari Dana Desa yang dikelola BUMDes, ada manfaat ekonomi didalamnya,” kunci Liow birokrat handal Pemprov Sulut ini.

Jakas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here