Presiden Jokowi Resmikan Tol Manado-Bitung Ruas Jalan Danowudu-Bitung

0
4
Presiden Jokowi Resmikan Tol Manado-Bitung Ruas Jalan Danowudu-Bitung
Presiden Jokowi Resmikan Tol Manado-Bitung Ruas Jalan Danowudu-Bitung./istimewa

SULUTIMES, Sulut – Setelah sempat tertunda, akhirnya Presiden RI Joko Widodo melakukan peresmian jalan Tol Manado-Bitung ruas Danowudu-Bitung di gerbang tol Bitung, Jumat (25/2/2022).

Dalam peresmian ini, sejumlah Menteri juga hadir diantaranya Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Tohir, Menteri PUPR Mochamad Basoeki Hadimoeljono, Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Walikota Manado Andrei Angouw, Walikota Bitung Maurits Mantiri dan Direktur PT Jasa Marga Subakti Syukur serta pejabat lainnya

Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam sambutannya mengaku berterima kasih kepada Presiden RI Joko Widodo karena sudah menyelesaikan pembangunan Tol Manado-Bitung karena hal ini sudah diidam-idamkan oleh warga Sulawesi Utara sejak Indonesia merdeka.

“Ini membuktikan bahwa Presiden sudah membangun dari Timur ke Barat dan terkait KEK Pariwisata Likupang dilaporkan sudah dibangun Marina dan Hotel menyusul, kami percaya Covid-19 ini bisa segera berlalu dan semoga peresmian hari ini bisa mempercepat perekonomian khususnya Pariwisata KEK Likupang-Bitung,” sebut Gubernur.

Presiden Joko Widodo dalam sambutannya memanjatkan Puji syukur ke Hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena sore hari ini Jalan Tol Manado-Bitung seksi Danowudu Bitung dengan Panjang 13,5 Kilometer telah rampung dan telah selesai.

“Dengan demikian seluruh jalan tol Manado-Bitung Panjang 39.8 Kilometer tuntas dan siap dimanfaatkan untuk mendukung seluruh aktifitas masyarakat Sulawesi utara, tadi sudah dijelaskan Gubernur jalan tol ini memangkas waktu tempuh dari Manado ke Bitung yang awalnya 1,5 Jam hingga 2 Jam. Tadi saya meniti 30 menit tapi nggak ngebut, dan jalan tol ini akan mempermudah pengiriman logistik mobilitas barang mobilitas orang dari Manado ke Bitung , Manado ke Pelabuhan Internasional Bitung dan nantinya juga kita arahkan untuk menuju ke Likupang,” sebut Jokowi.

Tak Cuma itu, Presiden juga mengatakan, apabila Likupang sudah selesai semuanya, diharapkan dari pembangunan ini akan muncul titik-titik pertumbuhan ekonomi baru.

“Dan kita harapkan pertumbuhan ekonomi di Sulut melebihi dari Nasional karena di tahun 2021 pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara melebihi pertumbungan ekonomi Nasional. Dengan mengucap Bismilahirahmanirahim pada sore hari ini saya resmikan jalan Tol Manado-Bitung ruas Danowudu-Bitung sepanjang 13,5 Kilometer, Terima kasih,” sebut Jokowi.

Acara dilanjutkan dengan penekanan tombol sirine dan penandatanganan prasasti didampingi sejumlah pejabat dan selanjutnya Presiden Bersama undangan terbatas meninjau jalan Tol ruas Danowudu-Bitung.

Walikota Bitung Maurits Mantiri yang mendampingi Presiden RI Joko Widodo melakukan penandatanganan prasasti juga mengucapkan selamat pada Jasa Marga yang telah bekerja secara professional dan akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kota Bitung.

Jakas/*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here