OD-SK Development Innovation Ecosystem North Sulawesi Pilar Utama Pengembangan Dunia Industri

0
48
OD-SK Development Innovation Ecosystem North Sulawesi Pilar Utama Pengembangan Dunia Industri
OD-SK Development Innovation Ecosystem North Sulawesi Pilar Utama Pengembangan Dunia Industri./sulutimes-edit

SULUTIMES, Sulut – OD-SK Development Innovation Ecosystem North Sulawesi (program pengembangan ekosistem inovasi OD-SK) akan menghantarkan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menemukan comparative advantagenya.

Hal ini dikatakan pembicara internasional Toronata Tambun ST MM MBA pada talkshow OD-SK Development Innovation Ecosystem North Sulawesi lewat aplikasi zoom yang dibuka oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey diwakili Sekprov Sulut Asiano Gamy Kawatu, Senin (28/2/2022)

“Niscaya, program ini akan keluar middle income trap. Karena leader yang agile, inovatif dan anti-fragile, berpikir sistem dinamis,” ujar Toronata, Alumni of Harvard Business School ini.

“Khusus di Sulut yang power distance indexnya tinggi, leadership adalah rumusan sukses,” tambahnya.

Talkshow yang diikuti ratusan orang baik dari jajaran Pemprov Sulut, akademisi, kepala sekolah hingga warga Sulut di luar negeri semakin interaktif dengan moderator Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Sulut, Evans Steven Liow ini menghadirkan pula pembicara lainnya yaitu Sherly Amerika Gosal.

Diungkapkan Director Kingdom Capital Ventures (Hongkong) Ltd ini, upaya yang dilakukan Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw saat ini adalah solusi bagi Indonesia dari Sulawesi Utara sendiri.

“Mengapa Industri internasional sulit masuk karena inovasi di daerah kurang memadai dan bahkan regulasi sering menghambat investasi di satu sisi dan disisi lain Kita sering kehilangan peluang karena ekosistem bisnis tidak dibangun,” ujarnya.

Untuk itu lanjut Internasional President Women’s Division Friends of Israel ini, program OD-SK Development innovation Ecosystem North Sulawesi adalah pilar utama membawa perubahan yang fundamental dalam pengembangan dunia usaha baru menuju dunia industri.

“Hal ini bukan hanya mendorong terciptanya lapangan kerja atau usaha usaha baru melainkan akan tercipta Budaya kerja baru yang didukung profesionalisasi bekerja dalam masyarakat,” terangnya.

“Ini babak baru membangun peradaban baru yang didukung lokal wisdom. Artinya Sulut akan semakin siap kedepan, dan di bawah kepemimpinan OD-SK Sulut akan lebih siap memasuki dunia industri 5.O,” tambahnya.

Sebelumnya, usai membuka talkshow ini, Sekprov Sulut Gamy Kawatu mengatakan di era kekinian, Informasi Teknologi (IT) diperlukan berbagai lini terlebih dunia bisnis.

Kawatu menuturkan, Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw selalu mengimbau agar publik berkawan dengan kemajuan.

“Dan mari kita raih keuntungan dari kemajuan zaman ini, jangan justru terlindas,” ujarnya.

Sekdaprov berharap, dialog interaktif tersebut bisa menginspirasi banyak orang dan menghasilkan sesuatu yang positif bagi Sulut.

“Pasti banyak manfaat diperoleh. Dan mari kita aplikasikan untuk pembangunan Sulut kedepan,” harapnya.

Ia turut menyampaikan harapan dari gubernur dan wagub agar semua peserta diskusi mendapat banyak ilmu melalui talk show.

“Yang mau memberikan masukan juga kami tunggu. Ini akan menjadi modal berharga menjadikan Sulut, semakin maju, sejahtera, hebat dan paling utama demi kemaslahatan banyak orang,” tandasnya.

Jakas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here