Gubernur Olly Bawa Tanah Watu Pinabetengan dan Air Kaki Gunung Klabat Menyatu di IKN

0
341
Gubernur Olly Bawa Tanah Watu Pinabetengan dan Air Kaki Gunung Klabat Menyatu di IKN
Gubernur Sulut Olly Dondokambey saat menyerahkan sampel tanah dari Watu Pinawetengan Minahasa dan Air dari Kaki Gunung Klabat kepada Presiden Joko Widodo dalam prosesi penyatuan tanah dan air di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur (Kaltim), Seni (14/3/2022)./sulutimes-edit

SULUTIMES, Kaltim – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey membawa sampel tanah dari Watu Pinawetengan Minahasa dan Air dari Kaki Gunung Klabat dalam prosesi penyatuan tanah dan air di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur (Kaltim), Senin (14/3/2022).

Prosesi ini dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Iriana Jokowi serta para gubernur se Indonesia.

Kesempatan itu, Gubernur Olly menyerahkan air dan tanah dari Sulut kepada Presiden Jokowi untuk dimasukkan ke dalam kendi Nusantara yang disatukan dengan air dan tanah dari daerah lainnya.

“Air diambil dari sumber mata air Malimbukan Desa Kolongan Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara, dimana sumber mata air ini berada di kaki gunung Klabat. Sementara, sampel tanah diambil dari Cagar Budaya Watu Pinawetengan Minahasa,” ucap Kepala Dinas Kominfo Sulut Steven Liow.

Selain Gubernur Olly, Gubernur DKI Anies, Asisten Bidang Administrasi Umum Sekda Papua Y Derek Hagemu menyerahkan tanah dan air dari wilayah paling timur Indonesia tersebut.

Mayoritas gubernur hadir menyerahkan langsung air dan tanah kepada presiden.

Sejumlah pejabat tampak hadir dalam prosesi tersebut diantaranya Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Selanjutnya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, dan Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe.

Selain itu, hadir Ketua MPR Bambang Soesatyo dan Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura XXI, Sultan Adji Muhammad Arifin.

Jakas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini