Pemprov Sulut Terapkan Migrasi TV Analog ke Digital, Tahap Awal 15.000 Alat Disebar di 5 Kabupaten/Kota

0
17
Pemprov Sulut Terapkan Migrasi TV Analog ke Digital
Pemprov Sulut Terapkan Migrasi TV Analog ke Digital, Tahap Awal 15.000 Alat Disebar di 5 Kabupaten/Kota./istimewa

SULUTIMES, Sulut – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) di bawah nakhoda Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK) mendukung Program Percepatan Transformasi Digital, dengan segera merealisasikannya atau menerapkan Analog Switch Off (ASO), yakni Program migrasi siaran TV analog ke digital.

Program tersebut akan direalisasikan di lima kabupaten/kota di Sulut, yakni Minahasa, Minahasa Utara, Bitung, Manado dan Tomohon. Mereka nantinya menjadi pioner penerapan Analog Switch Off.

“Ini adalah tentang bagaimana kita memanfaatkan semua sumber daya yang tepat,” ungkap Gubernur Olly.

Program ASO ini, tambah Kepala Dinas Komunikasi Informasi Persandian dan Statistik Daerah Sulut Steven Liow, menunjang digitalize satu frekuensi siaran, sehingga bisa digunakan maksimal 12 stasiun TV.

Selain itu, sisa broadband bisa dialihkan ke kebutuhan digital untuk akses internet, sehingga nanti akan dapat dimanfaatkan untuk mendorong ekonomi digital nasional seperti program UMKM Go Digital, industri e-commerce, marketplace.

Penggantian transmisi analog ke digital akan menciptakan efisiensi pemakaian spektrum frekuensi, menghemat bandwidth, kebal terhadap gangguan atau noise, serta melengkapi sistem yang mampu memperbaiki kesalahan pengiriman data akibat gangguan FEC (forward error correction).

Sesuai program Tranformasi Digitali Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw maka, mulai pekan depan masyarakat akan menerima pemberian alat bantu penerimaan siaran TV digital (Set-Top-Box).

“Alat ini diperuntukkan bagi rumah tangga kurang mampu pemilik TV analog,” ungkapnya.

Untuk tahap awal akan dibagikan sebanyak 15.000 alat ke lima daerah pioner ASO. Nantinya masih ada tahap selanjutnya.

Jakas/*

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini