Kunjungi Boltim, Ketua Komisi IX DPR RI Pastikan RSUD Segera Dioperasikan

0
11

SULUTIMES, Boltim – Ketua Komisi DPR RI Felly Estelita Runtuwene, S.E., didampingi Anggota DPRD Sulut Stela M. Runtuwene, A.Md.Sek., dan Bupati Bolaang Mongondow Timur Sam Sachrul Mamonto, S.Sos., Minggu (15/8/2021), mengunjungi RSUD Pratama yang terletak di Desa Modayag.

Kunjungan Ketua Komisi IX DPR RI ke RSUD Pratama Boltim yang dibangun diatas lahan seluas 3 ha, untuk melihat rumah sakit yang sudah dibangun dan diresmikan tapi belum dioperasikan. Seperti apa kesiapan rumah sakit sebelum dioperasikan, sebab rumah sakit yang sudah lama dibangun jika belum dioperasikan, bangunannya tentu akan rusak lagi.

“Ternyata di sini ada tiga bangunan yang sudah disiapkan untuk jangka panjang, tetapi bangunan A yang sudah jadi untuk empat puluh tempat tidur. Di Bolaang Mongondow Timur ini tidak ada rumah sakit swasta, hanya ini satu-satunya rumah sakit tapi belum juga dioperasikan, nah pasien larinya ke Kota Kotamobagu,” kata Ka’ Felly, sapaan akran srikandi partai NasDem Dapil Sulut kepada awak media.

Ketua Komisi IX DPR RI melanjutkan, sudah saatnya Boltim memiliki rumah sakit sendiri, karena lama berdiri sebagai kabupaten tetapi belum memiliki rumah sakit. Sebab jika rumah sakit Kota Kotamobagu penuh karena mengutamakan masyarakat Kota Kotamobagu, pasien dari Boltim terpaksa harus dilarikan ke rumah sakit terdekat, apakah Gorontalo atau Manado. Ini tentunya sangat disayangkan, kasihan masyarakat yang harus keluar Boltim untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Ka’ Felly bersama dengan pemerintah kabupaten Boltim akan memperjuangkan agar supaya rumah sakit pratama bisa segera dioperasikan dengan catatan memenuhi peralatan yang ada. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi daerah untuk mengoperasikan rumah sakit umum di daerah tersebut.

“Sebagai Ketua Komisi IX DPR RI, saya pastikan RSUD Pratama Boltim akan segera beroperasi. Ada beberapa yang harus disiapkan, sacara lisan saya sudah berbicara dengan pihak Kementrian Kesehatan RI. Untuk administrasi ada proposal yang harus disiapkan dan dibawah oleh pemerintah daerah ke pusat, saya yakin bisa dibantu untuk pemenuhan peralatan rumah sakit ini karena baru satu gedung yang akan dioperasikan,” jelas Ka’ Felly.

Ditambahkannya, yang akan dioperasikan baru gedung A yang memiliki kapasitas 40 tempat tidur, untuk gedunh lain akan menyusul. Yang pasti masyarakat Boltim akan segera memiliki rumah sakit sendiri. “Saya juga sudah berbicara dengan pihak pemerintah kabupaten Boltim, di masa pandemi covid-19 ini agar menyiapkan jalur khusus untuk pasien yang terkonfirmasi positif covid-19, agar tidak tercampur dengan pasien umum,” ujar Felly Rumtuwene.

“Di masa pandemi covid-19 ini, ada begitu banyak masyrakat menderita sakit sedangkan di Kabupaten Boltim yang sudah cukup lama berdiri tapi belum juga ada rumah sakit. Jadi sudah saatnya pemerintah pusat membantu agar rumah sakit daerah di Boltim segera dioperasikan, saya swndiri sebagai Ketua Komisi IX DPR RI pastikan agar rumah sakit ini sesegera mungkin untuk dibuka,” tegas Felly Runtuwene.

 

(JO)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here