Sinergi, Pelsus GMIM Petra Sawangan dan Sion Rote Ikuti Katekisasi Tahap Tiga

0
14
Pelsus GMIM Petra Sawangan dan Sion Rote Ikuti Katekisasi Tahap Tiga
Ki-Ka: Pdt Kiki Adipati STh, Sekum GMIM Pdt Evert Tangel MPdK dan Pdt Mariana Potu-Matahelumual STh./jakas

SULUTIMES, Minahasa – Katekisasi Pelayan Khusus (Pelsus) Tahap Tiga se-Sinode GMIM periode pelayanan 2022-2026 saat ini sementara berlangsung.

Menjadi keharusan, Pelsus GMIM Petra Sawangan dan GMIM Sion Rote Sawangan Wilayah Kembes pun menggelar Katekisasi Pelsus Tahap III yang berlangsung di Kediaman Keluarga Dondokambey-Lengkong, Talise Garden, Kolongan, Kalawat, Kabupaten Minahasa Utara, Sabtu (30/4/2022).

Kegiatan kerohanian yang dimulai pukul 14.00 WITA dan berakhir pukul 19.00 WITA ini menghadirkan Pemateri Sekretaris Umum BPMS GMIM Pdt Dr Evert Tangel MPdK dengan moderator Ketua BPMJ GMIM Petra Sawangan Pdt Mariana Potu-Matahelumual STh dan Ketua BPMJ GMIM Sion Rote Sawangan Pdt Triofien Adipati STh serta dihadiri Wakil Bupati Minahasa Pnt Robby Dondokambey selaku Ketua Komisi P/KB Petra Sawangan dan Ketua Komisi P/KB Wilayah Kembes serta Wakil Ketua TP PKK Minahasa Pnt Martina Watok Dondokambey-Lengkong selaku Ketua Komisi W/KI Petra Sawangan dan Ketua Komisi W/KI Wilayah Kembes.

Pelsus GMIM Petra Sawangan dan Sion Rote Ikuti Katekisasi Tahap Tiga
Pelsus GMIM Petra Sawangan

Beberapa materi Katekisasi disampaikan Sekum GMIM Pdt Evert Tangel MPdK diantaranya, Manajemen dan Kepemimpinan Gereja, Berkhotbah dan Pengembalaan pada sesi I.

“Pelsus harus mampu memanifestasikan tugas pelayanan yang diemban. Penatua dan Diaken mutlak harus memperoleh wawasan dan pemahaman mengenai manajamen kepemimpinan gereja, berkhotbah dan penggembalaan, karena itu akan dimanifestasikan dalam menunaikan tugas pelayanan sebagai Pelsus GMlM,” ujar Tangel.

Disesi ke II, Pdt Evert sapaan mantan Ketua BPMW Kembes memaparkan materi sekitar Penatalayanan Gereja di bidang politik, ekonomi dan kewirausahaan serta lingkungan hidup.

Pada kesempatan ini, Sekum Pdt Tangel mengatakan selain aspek teologis, SDM jemaat harus diurus.

“Selain aspek teologis, sumber daya dan dana diharapkan diurus, diatur atau diberdayakan dengan baik, tertib dan bertanggungjawab berlandaskan ajaran Alkitabiah dan komitmen pelayanan untuk mencapai kemandirian dan kedewasaan gereja,” jelasnya sembari menambahkan peran Gereja dalam berpolitik.

Pelsus GMIM Petra Sawangan dan Sion Rote Ikuti Katekisasi Tahap Tiga
Pelsus GMIM Sion Rote Sawangan

“GMIM tidak boleh dipisahkan dengan kebijakan politik. Karena politik juga berbicara tentang kesejahteraan rakyat termasuk didalamnya warga GMIM itu sendiri,” tuturnya.

Katekisasi Tahap III berlangsung khusuk disertai dengan setiap pemaparan materi diberikan ruang untuk Pelsus bertanya yang langsung dijawab Sekum GMIM Pdt Evert Tangel MPdK.

Sementara itu, selaku tuan rumah, Wabup Minahasa Pnt Robby Dondokambey mengucapkan puji syukur kepada Tuhan Yesus kegiatan Katekisasi Tahap III Pelsus Petra Sawangan dan Sion Rote boleh berjalan dengan baik.

“Dengan pembekalan pengetahuan Penatalayanan yang telah dipaparkan Sekum GMIM Pdt Evert Tangel, kami para Pelsus dapat melaksanakannya sesuai dengan maksud dan tujuan tersebut,” ujar Pnt Robby Dondokambey.

Hadir pada kesempatan ini, Pelsus Kolom 1 – 19, Ketua-Ketua BIPRA, Pendeta Pelayan GMIM Petra Sawangan dan Pelsus Kolom 1 – 5 dan Ketua-Ketua BIPRA GMIM Sion Rote Sawangan.

Jakas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here