Prosesi Salib IYD, Perkokoh Hidup Rukun dan Damai

0
39
Prosesi salib IYD di Mesjid Kumersot, Sabtu (13/8)
Prosesi salib IYD di Mesjid Kumersot, Sabtu (13/8)
Prosesi salib IYD di Mesjid Kumersot, Sabtu (13/8)

SuluTimes-Bitung, Pertemuan Orang Muda Katolik se-Indonesia yang digelar oleh Keuskupan Manado, akan dilaksanakan pada tanggal 1-6 Oktober 2016. Kegiatan ini diawali dengan Prosesi Salib Indonesia Youth Day (IYD) yang dimulai pada bulan Januari 2016.

“Prosesi salib IYD, diarak mulai dari Sulawesi Tengah, Gorontalo dan Sulawesi Utara. Pada tanggal 13 Agustus 2016, prosesi salib IYD tiba di Ranowulu Kota Bitung,” jelas Selvie Rumampuk,MSi, Ketua Dewan Pastoral Paroki Manembo-nembo, Kamis (19/8).

Ia melanjutkan, prosesi salib IYD disambut dengan lagu Alangkah Bahagianya Hidup Rukun dan Damai serta Doa dalam Bahasa Arab oleh umat Muslim di Mesjid Kumersot Kecamatan Ranowulu. Hadir dalam prosesi Salib IYD tersebut antara lain Pastor Yang Ko Alo, Pr (Pastor Paroki Manembo-nembo), Camat Ranowulu dan Lurah Kumersot.

“Menariknya, salib yang diarak tersebut, dibuat oleh  umat Muslim yang berasal dari Gorontalo, ini membuktikan bahwa Hidup Rukun dan Damai sangat indah dan bahagia,” ujarnya.

Sementara itu, Pastor Yang, mengapresiasi aktualisasi kehidupan Rukun dan Damai yang diekspresikan oleh umat Muslim di Kumersot. “Prosesi salib IYD pemersatu perbedaan untuk wujudkan hidup rukun dan damai,” ujar Pastor Yang.

Sedangkan pihak Pemerintah Kecamatan Ranowulu memberikan ungkapan terima kasih kepada orang Muda Katolik yang menjadi pelopor pemersatu. (VR)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here