Pelatihan Wirausaha, TP PKK Sulut: Wirausaha Harus Mampu Ciptakan Inovasi Baru

0
21
Pembukaan Pelatihan Wirausaha Baru Produktif.(ist)

SULUTIMES, Sulut – Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulut Ir Rita Dondokambey-Tamuntuan yang diwakili Wakil Ketua dr Kartika Devi Kandouw-Tanos MARS menghadiri acara Pembukaan Pelatihan Wirausaha Baru Produktif Bagi Tim Penggerak PKK Provinsi Sulut Program Peningkatan Kompetensi Tenaga Kerja dan Produktivitas Tahun 2019 yang bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Daerah di Aula TP-PKK Provinsi Sulut, Selasa (26/2/2019).

Dalam sambutannya dr Kartika menyampaikan bahwa permasalahan ketenagakerjaan di Provinsi Sulut masih ditandai dengan tingginya tingkat pengangguran, dimana pengangguran yang tertinggi ada pada lulusan SMA.

“Pengangguran merupakan salah satu permasalahan yang serius yang terus menjadi perhatian pemerintah,” katanya.

“Maka dari itu upaya penanggulangan menjadi penting karena masalah ini dapat berimplikasi terhadap munculnya persoalan sosial lain seperti meningkatnya angka kemiskinan dan kriminalitas,” tambahnya.

Berkaitan dengan persoalan diatas, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara melalui Program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK) terus mengupayakan penciptaan lapangan kerja yang salah satunya diwujudkan melalui pengembangan kegiatan kewirausahaan.

“Wirausaha baru diharapkan bisa memanfaatkan peluang yang ada dan terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan melakukan inovasi-inovasi baru serta bekerja dengan ulet dan disiplin,” harapnya.

Dalam kegiatan yang sama Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Daerah Ir Erny Tumundo MSi menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan jumlah wirausaha baru yang produktif, berdaya saing, berkelanjutan dengan memanfaatkan sumberdaya alam lokal untuk meningkatkan kesejahteraan bagi keluarganya dan masyarakat pada umumnya.

Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari dengan jumlah peserta pelatihan Wirausaha Produktif bagi Anggota Tim Penggerak PKK Provinsi Sulut sebanyak 40 orang yang merupakan wirausaha/calon wirausahawan.

 

*/Jakas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here