Harga PCR Rp525 Ribu, Pemprov Sulut Awasi Lab Swasta

0
97
Harga PCR Rp525 Ribu
Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw saat meninjau salah satu lab swasta yang menyediakan layanan PCR./istimewa

SULUTIMES, Sulut – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Pemprov Sulut) di bawah pimpinan Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven Kandou telah mengirimkan surat ke laboratorium swasta untuk menyesuaikan harga PCR Test.

Hal ini dilakukan menyusul surat edaran dari Kementerian Kesehatan RI terkait harga Swab PCR.

“Sudah ada edaran Kemenkes. Harga PCR itu yang kita pakai. Jadi harus ikuti edaran Kemenkes. Sudah diterapkan,” tutur Kepala Dinas Kesehatan Sulut dr Debie Kalalo, Kamis (19/8/2021) saat diwawancarai di RSUD OD-SK disela-sela pelaksanaan vaksinasi ibu hamil, siang tadi.

Dalam aturan tersebut, dr Debie mengatakan, ada range harga yang diatur. Ia mengharapkan, semua pihak bisa mematuhi aturan sudah ditetapkan.

Sementara itu, lebih diperjelas Jubir Covid-19 Sulut dr Steaven Dandel, harga PCR di Provinsi Sulut sebesar Rp.525.000.

“Surat Edaran Kementerian Kesehatan RI nomor: HK.02.02/I/2845/2021 tentang Batas Tarif Tertinggi Pemeriksaan RT-PCR, ditetapkan untuk pemeriksaan di Pulau Jawa dan Bali sebesar Rp495.000 dan untuk di luar Pulau Jawa dan Bali termasuk Sulawesi Utara (Sulut) sebesar Rp525 ribu,” tegas Dandel .

Seiring keluarnya harga PCR Ini, lanjut Dandel, melalui Dinas Kesehatan Sulut akan mengawasi harga Reserve Transcription Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) di daerah agar sesuai edaran terbaru Kementerian Kesehatan RI.

“Dinkes Sulut melakukan pengawasan dengan melibatkan tim dari Laboratorium Pengampu untuk Laboratorium PCR se-Sulut yakni dari Laboratorium Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP),” terang Dandel.

Lanjutnya akan terbit surat dari Dinkes Provinsi ke seluruh Lab PCR di Sulut mengimplementasikan edaran dimaksud. Selanjutnya dilakukan pengawasan,” ungkap dr Steaven Dandel.

Sekadar diketahui, masih ada laboratorium menetapkan harga lama pada pemeriksaan PCR sehingga memberatkan ekonomi masyarakat.

Jakas/*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here