Teken PKS dengan BPJS, Bupati Roring: Lindungi Kesehatan Masyarakat Prioritas RR-RD

0
1
Lindungi Kesehatan Masyarakat Prioritas RR-RD
Teken PKS dengan BPJS, Bupati Minahasa Royke Roring: Lindungi Kesehatan Masyarakat Prioritas RR-RD./istimewa

SULUTIMES, Minahasa – Pemerintah wajib melindungi masyarakat terutama dalam sektor kesehatan.

Hal ini dikatakan Bupati Minahasa DR Ir Royke Roring MSi saat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa melakukan penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Badan Penyelenggara
Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Tondano, Senin (24/5/2021) di Kantor Pusat BPJS Kesehatan, Jakarta Pusat.

Di mana, PKS tersebut berisikan Kepesertaan Program JKN Bagi Penduduk Pekerja Bukan Penerima Upah dan Bukan Pekerja yang Didaftarkan Pemkab Minahasa.

“Pemerintah kabupaten Minahasa melakukan kerjasama dengan BPJS kesehatan karena berdasarkan Pancasila sila kelima dan UUD 1945,” ujar Roring.

“Selain karena amanat Pancasila, hal itu juga dilakukan untuk menunjang program Nawacita Presiden dan Wakil Presiden RI, Program Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara yang juga tentunya menjadi visi misi Bupati Royke Roring dan Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey (RR-RD),” tambahnya.

Lebih lanjut dijelaskan Bupati Roring, Kabupaten Minahasa baru melaksanakan kerjasama dengan BPJS dikarenakan ada refocusing anggaran akibat pandemi covid 19.

“Khusus peserta yang didaftarkan Pemkab Minahasa untuk pelayanan kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan meliputi 45 ribu warga serta ditambah dengan yang menjadi tanggungan Pemerintah Provinsi Sulut serta JKN KIS dari pemerintah pusat,” terangnya.

“Baru-baru ini kami (Pemkab Minahasa) juga sudah mengajukan permohonan penambahan kuota bagi rakyat Minahasa untuk kepesertaan JKN KIS,” kuncinya.

Adapun penandatanganan PKS tersebut dilakukan Bupati Roring dan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tondano Nora Grace Br Ginting disaksikan Deputi Direksi Wilayah Suluttenggo Malut, Ellya Permatasari dan Mujiatin, Asisten Deputi Perekrutan Peserta Non Pekerja Penerima Upah dan Bukan Pekerja.

Turut mendampingi bupati, Inspektur Ir Alva Montong, Kepala BPKAD Drs Donald Wagey, Kadis Kesehatan dr Maya Rambitan MKes dan Kabag Hukum Setdakab Minahasa Willem Nainggolan.

Jakas/*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here