Ketua BPPD Minta Menparekraf Dukung Bitung sebagai UNESCO Creative Cities Network Gastronomy

0
74
Ketua BPPD Minta Menparekraf Dukung Bitung sebagai UNESCO Creative Citos Network Gastronomy
Menparekraf Sandiaga Uno dan Ketua BPPD Kota Bitung H. Alvy Pongoh menggunakan pakaian tradisional khas Bitung./istimewa

SULUTIMES, Bitung – Hari ini, Senin 15 Mei 2023 adalah batas waktu pengiriman dokumen “Dossier” pengajuan usulan UNESCO Creative Cities Network (UCCN) kepada Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) Pengusulan Anggota UCCN tahun 2023.

Saat ini terdapat 6 (enam) Kota/Kabupaten yang mengikuti Nominasi UCCN tahun 2023 antara lain: Kota Bitung, Kota Surakarta, Kota Salatiga, Kota Depok, Kabupaten Bantul dan Kabupaten Ponorogo.

Diketahui, pada tahun 2023 ini Pemerintah Republik Indonesia akan menominasikan 2 (dua) Kota atau Kabupaten dengan 2 (dua) kategori klaster yang berbeda untuk masuk ke dalam anggota Jejaring Kota Kreatif UNESCO. UCCN yang dibentuk pada tahun 2004, kini telah menghubungkan hingga sekitar 300 kota di 90 negara di dunia yang terkategori dalam 7 klaster: Desain, Film, Gastronomi, Kriya dan Seni Rakyat, Literatur, Media Art, Musik.

Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kota Bitung H Alvy Pongoh secara resmi mengirimkan Surat kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Dr H Sandiaga Salahuddin Uno BBA MBA yang meminta dukungan Menparekraf kepada Kota Bitung sebagai UCCN Gastronomy City. Surat bernomor 001/SE/BPPD-BITUNG/V/2023 tertanggal 15 Mei 2023 ini menjelaskan berbagai fakta yang ada dan dimiliki oleh Kota Bitung sebagai dasar pertimbangan bagi Menparekraf.

Terdapat 5 (lima) fakta yang dikemukakan oleh Ketua BPPD Kota Bitung dalam surat permohonan dukungan kepada Menparekraf tersebut, antara lain:

Pertama, bahwa di Indonesia saat ini belum ada Kota atau Kabupaten yang masuk dalam UCCN kategori klaster Gastronomi. Kota Bitung yang terkenal sebagai Kota Ikan Cakalang memiliki potensi sumber daya perikanan dan pariwisata berbasis maritim, sehingga para pemangku kepentingan (stakeholders) pariwisata dan ekonomi kreatif Kota Bitung telah sepakat dan setuju untuk mengikuti Nominasi UCCN tahun 2023 kategori klaster Gastronomi.

Kedua, sebagai Kota Perikanan yang sudah ada dan diakui oleh Pemerintah Kolonial Belanda sejak tahun 1918, saat ini Kota Bitung memiliki 59 (lima puluh Sembilan) Unit Pengolahan Ikan (UPI) dengan total kapasitas terpasang sebanyak 1.447 ton per hari serta terdapat 7 (tujuh) pabrik pengalengan ikan skala besar dari 14 (empat belas) pabrik pengalengan ikan yang ada di seluruh Indonesia.

Ketiga, sebagai Kota Wisata Selam, Kota Bitung memiliki destinasi wisata bawah laut sebanyak 95 (sembilan puluh lima) Spot Selam yang berada Selat Lembeh dan sangat terkenal di dunia, dimana para penyelam dunia menyebutnya sebagai: “The World’s Muck Diving Heaven”, “The Muck Diving Capital of the World”, “The True Macro Photographers’ Dream” dan “The Mecca of Macro Photograhy”.

Keempat, sebagai Kota Wisata Kuliner, Kota Bitung memiliki berbagai menu makanan khas berbasis ikan, antara lain: Sashimi Ikan Tuna Bitung (dikenal dengan nama “Sashibi”), Gohu Ikan Cakalang, Rahang Tuna Bakar, Dada Tuna Bakar, Nasi Jaha Cakalang, Roti Roll Tuna, Abon Tuna serta Kerupuk dan Keripik Ikan Cakalang.

Kelima, sejak tahun 1982 telah ada Sekolah Usaha Perikanan Menengah di Aertembaga, Bitung yang menjadi cikal bakal berdirinya Akademi Perikanan Bitung di tahun 1999 dan kemudian menjadi Politeknik Kelautan dan Perikanan Bitung pada tahun 2014. Sehingga Kota Bitung memiliki kesiapan dan ketersediaan sumber daya manusia di bidang perikanan yang berkualitas dan berkompeten.

Surat permohonan dukungan dari Ketua BPPD Kota Bitung itu juga ditembuskan kepada: Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf RI Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf RI Kepala Dinas Pariwisata Daerah Provinsi Sulawesi Utara, Pengurus dan Anggota BPPD Provinsi Sulawesi Utara, Walikota Kota Bitung, Kepala Dinas Pariwisata Kota Bitung serta Pengurus dan Anggota BPPD Kota Bitung.

“Saya sangat berharap Kota Bitung bisa terpilih menjadi Nominasi UCCN tahun 2023 Klaster Gastronomi dan menjadi perwakilan Kota/Kabupaten dari wilayah Indonesia Timur,” ujar Ketua BPPD Kota Bitung H Alvy Pongoh yang juga sebagai Ketua Umum Indonesia Home Stay Assosiation (IHSA).

Jakas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini