Pesona Objek Wisata Laut UWPA di Pantai Malalayang

0
39
Kiri Atas: Roy Legi, Kanan atas bagian bawah: Motor yang diparkir di UWPA pantai Malalayang. foto: Rocky Rogaga
Kiri Atas: Roy Legi, Kanan atas bagian bawah: Motor yang diparkir di UWPA pantai Malalayang. foto: Rocky Rogaga

SuluTimes.com-Manado, Under Water Parking Area (UWPA) atau Area Parkir Bawah Laut adalah objek wisata laut yang sangat mempesona karena ada beberapa motor yang diparkir, terletak di Pantai Malalayang, tepatnya depan patung ikan purba raja laut (Coelacanth).

“Rangka motor yang diparkir di UWPA pada beberapa tahun lalu, telah ditumbuhi coral yang sangat menarik dan juga menjadi tempat bagi biota laut lainnya untuk berkembang biak, pemandangannya sangat menarik untuk para pencinta alam bawah air,” ungkap Roy Legi, Dive Instructor yang juga Anggota POSSI Sulut kepada SuluTimes.com, Minggu (28/8).

Ia menambahkan, di UWPA terdapat banyak keunikan dimana biota lautnya semakin variatif seiring dengan semakin banyaknya coral yang tumbuh pada rangka motor. Selain itu juga, UWPA tempat berlangsungnya Sail Bunaken yang memecahkan rekor peselam terbanyak, adalah satu-satunya objek wisata selam yang dibuat tempat parkir motor.

Keunikan Biota laut di UWPA.
Keunikan Biota laut di UWPA

Hal senada dikatakan oleh Rocky Rogaga, Dive Instructor. Menurutnya, UWPA memiliki keunikan tersendiri bagi para peselam, selain untuk objek wisata bawah air, bisa juga dijadikan area penelitian bagi para ilmuwan karena banyak biota laut unik dilokasi tersebut.

“Sebagai instruktur selam, telah banyak pemandangan bawah air yang kami saksikan bahkan diabadikan dalam bentuk foto, tetapi coral maupun biota laut di UWPA pantai Malalayang memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri bagi para penyelam,” kata Rogaga.

Para instruktur selam ini berharap, bisa ada perhatian ekstra dari pihak Pemerintah dan njuga semua elemen masyarakat untuk menjaga serta melestarikan objek wisata bawah air yang menjadi salah satu lokasi unik di pantai Manado.

“Perhatian ekstra dari semua pihak tentunya akan membuat UWPA menjadi salah satu primadona pencinta alam bawah air, kami berharap bisa ada payung hukum untuk melindungi lokasi tersebut dari tangan-tangan yang tidak bertanggungjawab,” pungkas Legi dan Rogaga. (JO)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini