Peluang Besar Kuliah di Unsrat dengan Mendaftar di Jalur Mandiri

0
4
Peluang Besar Kuliah di Unsrat dengan Mendaftar di Jalur Mandiri
Peluang Besar Kuliah di Unsrat dengan Mendaftar di Jalur Mandiri./istimewa

SULUTIMES, Pendidikan – Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) telah melaksanakan dua jalur penerimaan mahasiswa baru yakni, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Tetapi, bagi yang tidak lulus seleksi di dua jalur tersebut di atas jangan berkecil hati, karena masih ada kesempatan untuk kuliah di Unsrat.

“Unsrat telah membuka pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur Mandiri Tumou Tou,” kata Humas Unsrat Max Rembang, Selasa (7/6/2022).

Rembang menjelaskan, penerimaan melalui jalur Mandiri Tumou Tou (T2) juga terbuka bagi putra-putri lulusan tahun 2020, 2021, 2022 SMA/SMK/MA/MAK sederajat dan lulusan Paket C di Sulut

“Penerimaan jalur Mandiri T2 disediakan bagi mereka yang berijazah sekolah dari 15 kabupaten/kota yang ada di Sulawesi Utara,” jelasnya.

Karena jika ijazah dari luar Sulut, terang Max, pendaftaran akan ditolak secara otomatis oleh sistem. “Peraturannya memang begitu,” ucap Max.

Max pun mengajak bagi yang belum segera mendaftar Mandiri T2, karena masih banyak kuota yang tersedia dari jumlah kursi mahasiswa yang akan diterima oleh Unsrat.

“Penerimaan mahasiswa melalui SN, SBMPTN, Mandiri T2 Unsrat keseluruhan prodi ada 7.100, sedangkan khusus Mandiri T2 ada 30 persen dari total penerimaan,” terang Max.

Sebelumnya diberitakan, Universitas Sam Ratulangi telah membuka pendaftaran mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023 melalu jalur Mandiri Program Tumou Tou (T2).

Rektor Unsrat Prof Dr Ir Ellen J Kumaat MSc DEA, melalui Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof Dr Ir Grevo S Gerung MSc menjelaskan seleksi penerimaan mahasiswa baru S1 jalur Mandiri T2 dilakukan lewat Ujian Tulis Berbasis Komputer Tumou Tou (UTBK T2).

“Pendaftaran telah dibuka sejak 10 Mei – 30 Juni dan dilakukan secara online,” kata Grevo Gerung, Senin (6/6/2022).

Selanjutnya, jelas Grevo, 10 Mei – 1 Juli pencetakan kartu tanda peserta setelah peserta membayar uang pendaftaran di Bank BNI/BRI//BTN dengan menggunakan nomor billing.

“UTBK T2 dilaksanakan 4-16 Juli disesuaikan dengan jadwal pada kartu tanda peserta ujian,” jelas Grevo.

Hasil seleksi T2, kata Grevo, akan diumumkan pada 19 Juli 2022.

“Jika ada pengumuman atau perubahan jadwal akan diberitahukan melalui web Unsrat,” terang Gerung.

Lipsus

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini