Indonesia Tangguh Berlandaskan Pancasila

0
9
Indonesia Tangguh Berlandaskan Pancasila

Oleh: Johnny Alexander Suak
Sekretaris Badan Kesbangpolda Sulut

PANCASILA sebagai dasar negara, ideologi, dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa. Untuk itu, Pancasila harus menjadi fondasi dalam rangka membangun negara yang tangguh serta berdaulat.

Pancasila harus menjadi nilai dan pedoman bagi seluruh masyarakat Indonesia dalam berbangsa dan bernegara.

Pancasila sebagai Ideologi Negara adalah untuk memperlihatkan peran ideologi sebagai penuntun moral dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sehingga ancaman-ancaman baik secara nyata maupun melalui dunia maya yang datang untuk negeri ini dapat dicegah dengan cepat. Sebab Pancasila merupakan Ideologi yang terbuka bagi seluruh perkembangan zaman.

Oleh karena itu, melalui Pancasila dapat membangun ekosistem keamanan nasional untuk mewujudkan *INDONESIA TANGGUH*. Sehingga apapun yang terjadi dalam perkembangan zaman harus sesuai dengan kaedah-kaedah yang berlaku atas dasar Pancasila.

Maka dalam peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2021, medicine Pancasila telah menyatu dalam kehidupan kita sepanjang Republik Indonesia berdiri, namun tantangan yang dihadapi Pancasila tidaklah semakin ringan.

Globalisasi dan interaksi antar belahan dunia tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan. Hal yang perlu diwaspadai adalah meningkatnya rivalitas dan kompetisi, termasuk rivalitas antar-pandangan, rivalitas antar-nilai-nilai, dan rivalitas antar-ideologi. Ideologi transnasional cenderung semakin meningkat, memasuki berbagai lini kehidupan masyarakat dengan berbagai cara dan berbagai strategi.

Proses internalisasi dan pengamalan nilai-nilai Pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus-menerus. Pancasila harus selalu tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Oleh karenanya diperlukan kesadaran dan pemahaman untuk saling menghormati, saling bekerja sama, bergotong-royong dalam menyelesaikan permasalahan yang ada, terutama pada keadaan pandemi seperti saat ini. Karena memang bangsa Indonesia adalah bangsa yang optimis, percaya diri, dan penuh harapan dalam menatap masa depan sebagai bangsa yang maju, adil dan makmur.

Melalui peringatan Hari Kesaktian Pancasila, kita dapat mengenang dan merefleksikan nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar negara sekaligus meneguhkan komitmen terhadap ideologi negara sebagai kebanggaan nasional (national pride).

Merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia harus secara konsisten dilakukan.

Pancasila merupakan ideologi bangsa yang harus menjadi spirit bagi setiap nadi kehidupan dari masyarakat dan kegiatan yang konstitusional karena Pancasila dipandang sebagai media akulturasi dari bermacam-macam pemikiran mengenai agama, pendidikan, budaya, politik, sosial, dan bahkan ekonomi.

Di era digital yang semakin tak terbatas, Pancasila dapat dijadikan dasar untuk memproteksi informasi agar tidak liar dan dapat keamanan nasional. Dengan nilai-nilai luhur yang terkandung didalamnya, Pancasila dapat membentuk karakter bangsa untuk selalu berfikir jernih.

“Saya mengajak seluruh aparat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, generasi muda Indonesia, dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia Maju yang kita cita-citakan untuk Indonesia TANGGUH”.

Manado, 1 Oktober 2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here