Diseminasi Pemanfaatan Data Penginderaan Jauh Pendukung Wujud Smart City Kota Bitung

0
110
Sekot Bitung Audy Pangemanan menerima peta hasil “jepretan” Lapan yang diserahkan oleh Deputi Penginderaan Jauh Lapan Dr Orbita Roswintiarti.(foto:ist) 

 

SULUTIMES, Bitung – Teknologi pengideraan jauh telah merubah pradigma visualisasi permukaan bumi kita dari impian menjadi kenyataan.
Hal tersebut dikatakan Sekretaris Kota Bitung Audy Pangemanan saat membuka acara diseminasi pemanfaatan data penginderaan jauh untuk mendukung pembangunan daerah, Selasa (27/02/2018) bertempat di lantai IV Kantor Walikota Bitung.
“Dari fiksi ilmiah menjadi bukti ilmiah lompatan teknologinya telah memberikan manfaat bagi banyak bidang yang berkaitan dengan manejemen pemanfaatan bumi dan permukaanya. Pemanfaatan pengideraan jauh antara lain meliputi sumberdaya wilayah darat, sumberdaya wilayah laut dan pesisir, lingkungan dan mitigasi bencana,” ujar Pangemanan.
Lanjutnya, untuk itu dalam rangka mewujudkan smart city, Pemkot Bitung berupaya melakukan berbagai inovasi dengan memanfaatkan teknologi diseminasi yang merupakan rangkaian kerjasama Deputi Bidang Penginderaan Jauh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) dan Pemkot Bitung. Kegiatan ini di harapkan dapat menjadi jembatan antara pusat penginderaan jauh dengan perangkat daerah Kota Bitung sebagai pengguna informasi sehingga pengguna dapat mengetahui potensi implementasinya sebagai salah satu dasar pengambil kebijakan/keputusan susuai sektor terkait.
“Saya berharap kegiatan diseminasi pemanfaatan data penginderaan jauh dapat mendorong dan memotivasi segenap jajaran pemerintahan agar terus berinovasi dengan memanfaatkan teknologi dan mengelola sumber daya yang ada dengan lebih baik sehingga kualitas pelayanan terhadap masyarakat lebih meningkat,” harap Pangemanan.
Turut Hadir, Deputi Penginderaan Jauh Lapan sebagai narasumber Dr Orbita Roswintiarti MSc dan sejumlah Kepala SKPD Pemkot Bitung.

Lee

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini